Dishub Batu Segara Tuntaskan Pendataan Lahan Parkir

Batu, koranmemo.com – Kisruh lahan parkir yang sering terjadi di Kota Malang, dipastikan tidak terjadi di Kota Batu. Sebab tidak ada sistem sewa antara Dinas Perhubungan (Dishub) dan juru parkir, semuanya dikelola atas rekomendasi dari  Dishub. Kendati demikian, beberapa titik parkir dalam lingkup Dishub di Kota Batu masih belum semuanya terdata.

Ditemui koranmemo.com Kepala Bidang (Kabid) Parkir Dishub Kota Batu Bambang Priambodo, mengatakan akan segera menuntaskan pendataan lahan parkir yang belum masuk. “Lahan parkir yang memakan badan jalan, itu masuk dalam ranah Dishub. Nah belum terdatanya lokais parkir, bisa jadi karena itu lokasi baru,” jelas Bambang, Senin (25/11).

Lebih lanjut ia mengatakan, jika permasalahan urgent dalam pengolahan parkir adalah teknis pengaturan kendaraan. “Terkadang ada tempat usaha baru buka, lalu ada juru parkir disitu dan belum melapor kepada kita, jelas belum masuk dalam data kami. Namun itu segera bisa diatasi sebab kami juga melakukan pendataan lanjutan, dan fokus kami ada pada teknis penataan parkir,” tandasnya.

Memasuki liburan panjang atau akhir pekan, Kota Batu selalu disesaki oleh wisatawan. Titik kemacetan terjadi, tidak jarang karena aktivitas dan penataan parkir yang kurang tepat.

“Materi sosialisasi sudah sering kita sampaikan, hanya saja kan harus berkelanjutan. Saat liburan tiba, kami pasti turun untuk melakukan pengawasan,” tandasnya.

Sementara itu, Utomo juru parkir di depan salah satu rumah makan di jalan Diponegoro Desa Junrejo mengaku belum memiliki izin resmi dan kartu anggota jukir. Sebab dirinya belum pernah mendapatkan informasi tentang hal tersebut. “Saya parkir disini hampir tiga tahun, rompinya dikasih teman-teman, dan selama saya parkir gak ada teguran dari pihak manapun, berarti ya aman,” pungkasnya.

Reporter: Doi Nuri

Editor: Arif Juli Prabowo

Follow Untuk Berita Up to Date