Diselundupkan Dalam Sandal Jepit

Napi Simpan Sabu

Mojokerto, Memo – Lapas Klas IIB Mojokerto masih belum steril dari peredaran narkoba. Ini terbukti setelah petugas menemukan sabu berbobot hampir 3 gram dari sel salah satu narapidana berinisial AM (52), dalam razia yang dilakukan Rabu (20/4) malam. AM mengakui, narkotika golongan I itu dikirim oleh teman AM dengan cara menyelipkan kemasan sabu ke sandal jepit saat membesuk.

Kalapas menunjukkan sabu yang diperoleh dari napi berinisial AM (agung/memo)
Kalapas menunjukkan sabu yang diperoleh dari napi berinisial AM (agung/memo)

Kalapas Mojokerto, Bambang Haryanto menuturkan, ketika petugas menggeledah sel napi asal Desa Brangkal Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto tersebut, petugas menemukan kotak hitam yang ternyata didalamnya terdapat sabu seberat 2,47 gram.”Barang bukti sabu kami temukan di tumpukan baju di dalam kamarnya. Selain sabu, barang bukti yang kami sita ada bong (alat hisap sabu) dari botol kaca, 2 korek api, pipet, kotak rokok dan kotak hitam,” kata Bambang kepada wartawan, Kamis (21/4).

Bambang menambahkan, AM merupakan napi kasus narkoba yang sudah divonis 6 tahun penjara. Sebelumnya, pria 52 tahun itu ditahan di Lapas Bekasi. Sejak Januari 2015 lalu, AM dipindahkan ke Lapas Klas IIB Mojokerto dan baru menjalani hukumannya selama 2 tahun 7 bulan. “Yang bersangkutan sudah diperiksa oleh polisi. Dia kami amankan di sel pengasingan. Ke depan jika dibutuhkan untuk pemeriksaan kami persilakan,” ujarnya.

Sementara Kasat Narkoba Polres Kota Mojokerto, AKP Hendro Susanto menuturkan, AM mendapatkan pasokan sabu dari temannya yang juga pengedar sabu di luar lapas pada Senin (18/4). Modusnya, si pengedar menyelipkan barang haram tersebut ke sandal jepit saat membesuk AM. “Informasinya sabu itu dipesan AM dari teman, hanya menyebutkan inisial, masih kami dalami. Temannya itu saat membesuk memakai sandal jepit, sabu diselipkan di bagian bawah sandal tersebut,” ungkapnya.

Meski tercatat sebagai napi atas kasus peredaran narkoba, lanjut Hendro, dalam kasus ini AM dianggap sebatas sebagai pengguna. Kendati begitu, AM akan dijerat dengan pasal 112 UU RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika. “Yang bersangkutan kedapatan menyimpan sabu. Ancaman pidananya minimal 5 tahun penjara. Jadi hukumannya akan ditambah,” pungkasnya. (ag)

 

Follow Untuk Berita Up to Date