Disdikpora Tulungagung Perpanjang Masa Belajar di Rumah Bagi TK-SD dan SMP

Tulungagung, koranmemo.com – Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Tulungagung memperpanjang masa belaja di rumah bagi pelajar TK, SD, dan SMP. Sampai kapan kebijakan itu menunggu perkembangan situasi covid-19 khususnya di Kabupaten Tulungagung.

Plt Kepala Disdikpora Tulungagung, Hariyo Dewanto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan dokter dan rumah sakit di Tulungagung terkait perkembangan pandemi corona. Semua ahli kesehatan itu belum bisa memastikan kapan pandemi tersebut berakhir. Akhirnya, Disdikpora memperpanjang masa belajar di rumah bagi pelajar TK, SD, dan SMP di Tulungagung.”Awalnya anak – anak belajar di rumah sampai minggu depan, Senin (6/4). Namun, karena situasi wabah saat ini kami terpaksa harus memperpanjang hingga batas waktu yang belum ditentukan,” ujar pria yang akrab disapa Yoyok tersebut saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (3/4).

Ditambahkan, penambahan masa belajar di rumah ini  merujuk pada PP no 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan covid-19. Pada pasal 4 di dalam PP tersebut, dilakukan peliburan sekolah dan tempat kerja.

“Meski belajar di rumah, penilaian dan evaluasi pada siswa tetap akan dilakukan. Agar siswa benar-benar melakukan aktifitas belajar di rumah, dengan materi atau tugas yang diberikan oleh masing-masing guru,” terangnya.

Penambahan masa belajar di rumah ini sudah tiga kali dikeluarkan oleh Disdikpora Tulungagung. Awalnya, siswa hanya belajar di rumah mulai 16 Maret sampai 29 Maret. Kemudian diperpanjang lagi hingga 6 Maret, dan kini diperpanjang hingga waktu yang belum ditentukan.

“Harapannya segera berakhir situasi seperti ini. Semoga sebelum bulan ramadan sudah bisa melaksanakan pembelajaran di sekolah,” harapnya.

Reporter Zayyin multazam sukri

Editor Achmad Saichu