Disdik Kota Kediri Bagikan Kain Seragam Gratis untuk Pelajar SD dan SMP

Kediri, koranmemo,com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri mulai membagikan kain seragam gratis untuk siswa jenjang sekolah dasar (SD) sederajat. Pembagian kain seragam dimulai di SD Negeri Mojoroto 1 Kota Kediri, Selasa (26/11) pagi. Sementara untuk SD lainnya, Disdik Kota Kediri sudah memberikan jadwal SD di tiap kecamatan.

Kepala Disdik Kota Kediri, Siswanto menjelaskan, seragam gratis sudah mulai dibagikan kepada siswa, tidak hanya jenjang SD sederajat, tapi juga SMP sederajat sudah bisa dibagikan. “Kain seragam gratis untuk SD sudah mulai dibagikan dan SMP sederajat baik negeri maupun swasta minggu depan mulai bagikan. Mohon maaf sebelumnya, karena ada keterlambatan,” jelasnya.

Siswanto tidak memungkiri terjadinya keterlambatan pembagian kain seragam gratis, karena proses lelang cukup panjang mulai perencanaan dan lelang, serta harus memperhatikan beberapa hal dan melakukan uji lab.

“Alhamdulillah, seragam gratis yang dinantikan siswa dan orang tua sudah clear, ini juga berkat kerja sama dengan Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D),” imbuhnya.

Siswanto berharap, beberapa kendala yang dihadapi selama proses pengadaan seragam gratis tahun ini tidak terulang kembali pada tahun berikutnya. Disdik akan berusaha melakukan perbaikan dan pengawasan serta meminta TP4D untuk mendampingi proses pengadaan sehingga berjalan lancar. “Tiap tahun harus ada perbaikan, supaya tapat sasaran dan tepat waktu,” katanya.

Selain kain seragam gratis, lanjutnya, Disdik merencanakan minggu depan selanjutnya bantuan dana jahit mulai dibagikan sehingga setelah menerima kain seragam, orang tua bisa segera menjahit dan siswa segera dapat memakai seragam baru ke sekolah.

Diharapkan, program Pemerintah Kota (Pemkot ) Kediri yang sudah berjalan selama empat tahun terakhir dapat membantu meringankan beban biaya sekolah yang dikeluarkan orang tua siswa.

Sementara itu, Zalmianto Agung, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Kediri mengatakan, kain seragam gratis yang dibagikan melalui pengadaan dari Disdik Kota Kediri selalu didampingi oleh TP4D.

“Pendampingan mulai proses perencanaan sampai pelaksanaan, sebagai upaya kami untuk mengawal pembangunan di Kota Kediri. Kami berharap, semua program dan pengadaan yang dilakukan dapat memberi manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Kepala SD Negeri Mojoroto I Kota Kediri, Dukut Waryanto, mengaku pembagian kain seragam gratis ini memberikan manfaat bagi orang tua siswa, terutama bagi yang kurang mampu. Meskipun ada keterlambatan pembagian, namun orang tua siswa tidak mengeluh karena sebelumnya ada sosialisasi dan penjelasan kepada orang tua siswa.

Dukut berharap, kedepannya bantuan kain seragam sekolah gratis bagi siswa baru dapat terus berlangsung. Karena, orang tua siswa saat mengikuti rapat dan pertemuan dengan pihak sekolah mengaku terbantu. “Semoga tahun berikutnya, pembagian seragam berjalan dengan lancar. Harapannya, pembagian seragam gratis saat penerimaan siswa baru sehingga siswa mulai masuk sekolah, mereka bisa menggunakan seragam,” ucapnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date