Disayangkan, Banyak Jalan Provinsi Rusak

Blitar, koranmemo.com – Anggota Komisi III DPRD Kota Blitar, Rido Handoko, menyayangkan banyaknya laporan masyarakat soal buruknya sejumlah  jalan provinsi di penjuru Kota Patria atau Kota Blitar.

Agar persoalan ini tidak berlarut-larut dan menjadi preseden buruk, Komisi III berharap ada kebijakan yang responsif dan progresif  dari Pemkot Blitar kepada Pemprov Jatim supaya bisa ditindaklanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat tersebut.

“Kami mendorong Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) sebagai wakil Pemkot  untuk aktif melapor ke provinsi supaya cepat prosesnya. Kalau provinsi masih lamban, ya, pemkot harus bisa lebih cepat lagi,” tandas Rido di gedung DPRD Kota Blitar.

Politisi Partai Demokrat ini menilai, lembaga terkait dari provinsi yang menangani persoalan jalan tergolong lamban mengambil keputusan. Buktinya, sambung dia, dalam tiga tahun terakhir atau sejak jalan provinsi tusak, hingga kini belum ada penindakan.

“Kalau sampai waktu tertentu nanti juga belum ada respon, saya rasa Pemkot Blitar bisa mengambil alih sementara perbaikan jalannya. Ke depan kami  berharap kedua lembaga ini (pemprov dan pemkot) bisa koordinasi,” tutur Rido.

Diketahui jika sejumlah jalan provinsi di Kota Blitar seperti Jalan Kalimantan, Jalan Bali dan Jalan Kenari kondisinya cukup  parah. Hal ini ditandai dengan tekstur jalan yang bergelombang dan juga banyak lubang.

Terpisah, Sekretaris Dinas PUPR Pemkot Blitar Heru Catur Widyanto, mengatakan untuk pengambilan keputusan perbaikan jalan  provinsi yang rusak memang bukan domain pemkot.

Hanya saja, melihat kepentingan masyarakat yang tidak terjamin itu, dia bisa melakukan langkah progresif kepada Pemprov untuk mendorong supaya penanganan jalan bisa cepat ditindaklanjuti.

“Kami akan berkoordinasi dengan provinsi. Karena melihat kebutuhan masyarakat itu tadi,” ujar dia.

 

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Gimo Hadiwibowo

 

Follow Untuk Berita Up to Date