Dipercaya Pelihara Sapi, Malah Dijual

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Dipercaya untuk memelihara sapi jantan jenis pegon, oleh Purwoko (45), malah dijual tanpa sepengetahuan pemiliknya. Akibat perbuatannya, warga Dusun Bence 1 Rt 01 Rw 05 Kelurahan Bence Kecamatan Garum Kabupaten Blitar ini harus berurusan dengan pihak berwajib.

Karena jengkel Suparno (49) pemilik sapi, warga Dusun Bejirejo Rt 20 Rw 04 Desa Tugurejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar, pelaku ke Mapolsek Garum guna proses hukum lebih lanjut,Rabu (08/05). Berkat kesigapan petugas, pelaku berhasil dibekuk.

Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha SIk melalui Kasubag Humas Ipda Burhanudin SH mengatakan, pelaku sudah diamankan dan masih menjalani proses penyidikan.

” Jadi pelaku ini dipercaya oleh korban untuk merawat sapi yang baru dibelinya, dari perjanjian antara pelaku dan korban disepakati kalau sudah cukup umur maka akan dijual dengan cara uang pembelian dikembalikan ke pemilik dan keuntungan dibagi 2,” ungkapnya, Rabu (8/05).

Namun, ternyata saat korban pulang dari bekerja di Surabaya diketahui sapi miliknya tidak ada dan saat ditanyakan, pelaku menjawab jika sudah laku. Karena dijual tanpa sepegetahuan korban akhirnya pelaku dilaporkan ke pihak berwajib.

” Tentu saja barang bukti yang diamankan antara lain 1 (satu) lembar kwitansi tertanggal 5 desember 2018 senilai 17.000.000,- (tujuh belas juta rupiah) bukti pembelian sapi dan 2(dua) buah sasis kendaraan roda 4 (empat) bukti pengganti / penjelmaan hasil penjualan sapi,” imbuhnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku diamankan di Polsek Garum dan akan dikenakan pasal 372 ju 378 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Reporter Arief juli prabowo
Editor Achmad Saichu