Dinsos P3A: Ini Hak Anak yang Wajib Dipenuhi Orang Tua 

Trenggalek, koranmemo.com-Masih banyaknya orang tua yang tidak memahami bahwa pemenuhan hak anak merupakan kewajiban mereka, Dinsos (Dinas Sosial) P3A (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kabupaten Trenggalek memberikan perhatian khusus terhadap hal tersebut. Memang ada beberapa aspek misalkan orang tua tidak lagi mampu memberikan hak anak disitulah negara wajib hadir untuk membantu memenuhi hak anak.

Menurut Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Dinsos  P3A Kabupaten Trenggalek Christina Ambarwati, ada 31 hak anak yang harus terpenuhi seperti bermain, rekreasi, berpartisipasi, berhubunga dengan orang tua, bebas beribadah, pendidikan, informasi dan masih banyak lagi hak anak lainnya.

“Dari permasalahan tersebut negara harus hadir dan mendorong orang tua agar mampu memenuhi hak anak. Sebenarnya melihat dari angka kasus tidak tinggi, namun pada saat angka muncul sekecil apapun akan berdampak pada sosial yang cukup rumit,” jelasnya.

Saat ini pihaknya sedang menangani kasus yang melibatkan anak berusia 15 tahun yang dikerjakan di kafe dengan pelayanan terburuk mengarah ke eksploitasi anak. Dari situ dilihat banyak faktor seperti kemiskinan, drop out sekolah karena biaya atau faktor lainnya

“Jika tidak segera diberikan wawasan dan perlindungan mereka akan menimbulkan banyak permasalahan, seperti resiko penyakit menular HIV. Dengan terjangkitnya penyakit tersebut akan mengakibatkan masa depan anak akan pupus dan merasa tidak ada harapan lagi,” ungkapnya.

Reporter: Rudi Yuniranto

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.