Dinas Perikanan Kab Kediri Kembangkan Kolega di Empat Kecamatan

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Ikan lele merupakan ikan yang sudah dikenal masyarakat dan mudah pemeliharaanya. Hampir setiap desa di wilayah Kabupaten Kediri ada warga yang mengembangkan ikan lele dalam jumlah besar. Saat ini Dinas Perikanan Kabupaten Kediri mengembangkan program Kolam lele keluarga (Kolega).

Kolam lele keluarga merupakan kolam skala keluarga dengan tujuan untuk dipelihara keluarga dan hasilnya dikonsumsi oleh keluarga itu sisanya bisa dijual ke tetangga. Jika dalam jumlah banyak bisa dijual ke pasar dan dijual ke warung-warung yang bisa dijadikan menu keseharian di warung.

Nur Chafid Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri mengatakan adanya kolega ini mulai terbentuk Maret 2020 dan dikembangkan di Kecamatan Ringinrejo,Mojo,Tarokan dan Pare. Pola merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan dan mendekatkan ikan di masyarakat. K

Kegiatan ini merupakan kegiatan percontohan, untuk teknologi budidaya skala kecil. Namun nyatanya setelah ditekuni warga bisa menikmati hasilnya dan bisa dijadikan tambahan ekonomi keluarga. Karenanya perlu peningkatan capaian dengan sesering mungkin untuk menambah jumlah kolam dan jumlah ikan.

Baca Juga: Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non PNS Apresiasi Penyaluran Bantuan Subsidi Upah

“Adapun bentuk pembuatan kolam sangat beragam dan bisa dengan vlog berdiameter dua hingga tiga meter. Bisa diisi ikan dalam jumlah 1000 hingga 2000 ekor sesuai dengan kemampuan vlog kolam buatan. Pemeliharaan ikan lele tergolong mudah dan dengan makanan khusus lele bisa cepat besar dalam waktu tiga bulan,” ujarnya.

Chafid berharap masyarakat bisa mencontoh sistim tersebut dengan memanfaatkan lahan yang kosong. Karenanya perlu untuk dilakukan pemberdayaan lahan kosong sehingga semua bisa dimanfaatkan dan menghasilkan. Sehingga ada upaya peningkatan kesejahteraan keluarga di bidang perikanan.

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu