Dikti Nyatakan Sebagai Kampus Percontohan

Share this :

Kampus 4 UNP Diresmikan

Kediri, koranmemo.com – Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri kembali meresmikan Kampus 4 di Jl Lintasan Nomor 7 Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Sabtu (18/4).

Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemristek Dikti Prof Dr. Ainun Naim yang datang untuk meresmikan kampus 4 mengatakan bahwa UNP Kediri dapat dijadikan salah satu kampus percontohan di Indonesia yang ingin memperbaiki diri.

Dia menegaskan bahwa ijazah yang dikeluarkan oleh UNP Kediri sudah sah. “Yang terpenting menurut saya, mahasiswa yang dihasilkan dapat berguna bagi masyarakat secara luas sesuai dengan kapasitasnya masing-masing,” ungkapnya.

UNP Kediri kini masuk dalam 20 besar kampus terbaik se-Indonesia. Prestasi ini mendapat apresiasi tersendiri dari Prof Ainun Naim. Rasio dosen dan mahasiswa juga sudah normal. Dari sekitar 8.000 mahasasiswa, kini UNP memiliki lebih dari 250 dosen.

Dr Sulistiyono, Rektor UNP Kediri mengatakan, UNP menjadi perguruan tinggi yang pertama yang diaktifkan oleh Dikti. UNP saat ini juga sebagai perguruan tinggi percontohan yang ingin memperbaiki diri. Dikti merekomendasikan kampus-kampus lain yang bermasalah untuk berguru ke UNP.

“Ada beberapa perguruan tinggi yang datang ke UNP untuk mencontoh resep-resep bagaimana yang harus dilakukan agar cepat bangkit kembali,” ujar Sulistiyo.

Satu tahun setelah diaktifkan sejak November 2015, semuanya harus bekerja bersama. UNP Kediri yang dulunya menjadi kepompong, kini sudah saatnya menjadi kupu-kupu yang indah. “Dengan memberikan pendidikan yang berkualitas demi masa depan anak bangsa,” tambahnya.

Peresmian kampus 4 ini juga dihadiri Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar. Para petinggi YPLP UNP Kediri juga hadir, di antaranya Prof Sugiono, Dr Yuli Sulaksono, Ketua Yayasan YPLP UNP Kediri, Dr Sulistiono, Rektor UNP Kediri dan pejabat lainnya.

Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar mengatakan, UNP Kediri banyak memberikan kontribusi terhadap Pemerintah Daerah. Menurutnya, angka partisipasi pendidikan di Kota Kediri masih 28 persen. Dia berharap, UNP yang semakin tumbuh dapat terus ditingkatkan.

“Yang harus kita persiapkan adalah sumber daya manusia (SDM). Kita ingin SDM di Kota Kediri meningkat. Maka yang harus ditingkatkan angka partsipasi pendidikan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, kontribusi UNP Kediri terhadap Pemkot sangat besar. Bahkan, Persik Kediri menggunakan labotarorium  UNP untuk tes fisik hingga kesehatan para pemainnya. Kemudian masih ada beberapa kerjasama lagi yang akan  dibicarakan nantinya. (adv/unp)

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Gimo Hadi W