Dihadiri Bupati Haryanti, Dinkes Gelar Jalan Sehat dan Lomba Senam Peringatan HKN

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Minggu (24/11) pagi menggelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 tahun 2019. Kegiatan HKN dipusatkan di Pemkab Kediri dengan mengadakan jalan sehat dan lomba senam antar Puskesmas yang diikuti 37 Puskesmas. Tema peringatan HKN 2019 ‘ Generasi Sehat Indonesia Unggul’.

Hadir di HKN 2019 ini Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno,dr Bambang Triyono Putro Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dan dr Adi Laksono mantan kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. Sebelum peringatan puncak HKN digelar berbagai lomba di Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno mengajak masyarakat untuk sadar akan kebersihan lingkungan untuk mencegah berbagai penyakit. Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pencegahan stunting. Bupati Kediri sangat mendukung program cegah stunting untuk mendapatkan generasi yang unggul.

Pencegahan memberantas stunting sangat penting. Dan ibu sejak awal masa kehamilan harus mendapatkan asupan gizi yang memadai dan cukup, sehingga bayi lahir bisa sehat dan sangat penting lagi pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif. Balita tidak lagi diberi air hangat dicampur gula ataupun tajin. Ini tidak layak bagi perkembangan masa depan anak.

“ Agar derajat kesehatan masyarakat kian meningkat Pemkab akan memberikan 20.000 jamban bagi masyarakat kurang mampu. Dengan maksud tidak buang air besar (BAB) sembarangan. Program bedah rumah layak huni juga akan dibangun dan ini upaya untuk meningkatkan kesadaran warga memiliki kesadaran hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr Bambang Triyono Putro mengatakan, jalan sehat yang digelar ini, seluruh peserta diwajibkan membawa poster promosi kesehatan dengan maksud mengajak masyarakat untuk mengedepankan pola hidup sehat dan cerdas dalam hidup.

“Sedangkan untuk layanan kesehatan di Puskesmas harus diutamakan dengan memaksimalkan tim medis memberikan layanan pada masyarakat. 37 Puskesmas yang ada sebagian sudah terakreditasi dan tiga diantaranya sudah Paripurna. Sedangkan tahapnya adalah dasar,madya,utama dan paripurna,” jelasnya.

Yang dikedepankan dalam pelayanan masyarakat di Puskesmas adalah Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). Di tempat yang sama dilaunching Comand Center Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. Masyarakat bisa menginformasikan secara langsung ke Comand Center Dinkes ini.

Di tempat yang sama Bupati Kediri memberikan penghargaan kepada karyawan teladan dari Dinas Kesehatan,tim medis dan bidan di Puskesmas di Kabupaten Kediri. Seperti Hari Pristiwaningtyas Bidan yang bertugas di Puskesmas Wates ini. Sudah tiga kali meraih penghargaan telada di tingkat Kabupaten Kediri dan Provinsi Jawa Timur.

“Tahun 2002 bidan teladan di Kabupaten Kediri, berikutnya 2009 meraih teladan bidan delima tingkat Provinsi Jawa Timur dan 2019 kembali meraih bidan teladan. Kami memang merangkak dari bawah saat PTT dan selain sebagai Bidan Puskesmas Wates namun sudah memiliki klinik bersalin,” ujarnya.

Sementara dr Adi Laksono mantan kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri mengapresiasi peringatan HKN ke 55 Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. “Kita ikuti perkembanganya dan capaiannya luar biasa terkait kampanye promosi kesehatan masyarakat di Kabupaten Kediri. Tentunya kedepan semakin sukses,” katanya.(adv)

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date