Diduga Pungli Warga, Oknum Lurah Terjaring OTT

Blitar, koranmemo.com – Dugaan pungutan liar (pungli) melibatkan oknum Kepala Kelurahan di Kabupaten Blitar kembali terjadi. Kali ini Lurah/Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar terjaring operasi tangkap tangan (OTT) ketika  hendak melakukan pungli kepada salah seorang warganya.

Penangkapan lurah bernama Bambang itu dibenarkan oleh Kapolres Blitar AKBP Slamet Waluyo melalui pesan WhatsApp. Penangkapan dilakukan pada Sabtu (10/3) di rumah pelaku di lingkungan Jurang Menjing, RT 4 RW 1 Kelurahan/Kecamatan Garum.

Polisi langsung menetapkan tersangka pada oknum lurah tersebut. Dari tangan tersangka polisi menyita uang tunai sebesar Rp 9 juta.

Pungli yang dilakukan tersangka terkait dengan pengurusan sertifikat tanah. Ada dua orang saksi dalam aksi dugaan pungli tersebut, yakni AN pemohon (korban) dan MJ teman korban.

Selain uang tunai, polisi juga mengamankan 6 berkas map turunan letter C yang sudah dipecah serta sebuah HP.

Akibat perbuatanya, tersangka terancam dijerat dengan pasal 12 huruf E sub Pasal 11 UU RI nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan UU RI nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Polisi juga akan melakukan pemeriksaan terhadap para saksi. Termasuk para perangkat kelurahan lainya.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Gimo Hadiwibowo

Follow Untuk Berita Up to Date