Didampingi Bupati Kediri, Gubernur Jatim Resmikan Dewi Cemara

Kediri, koranmemo.comPemerintah Jawa Timur besama Dinas Pertanian Jawa Timur menggelar kegiatan yang bertemakan”inovasi tekhnologi tanaman pangan dan hortikultura”, Kamis (8/8). Pada kesempatan itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawasa meresmikan Desa Wisata “Dewi Cemara” di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Kediri, Forkopimda Kabupaten Kediri dan para kelompok tani. Dalam sambutannyaz Khofifah berpesan agar masyarakat ataupun petani lebih cerdas dalam mengembangan potensi pertanian. Yaitu dengan belajar dan terus berinovasi di bidang teknologi  tanaman pangan dan hortikultura.

“Desa wisata cerdas mandiri dan sejatera (Dewi Cemara) ini disamping menjadi suatu inovasi untuk kota-kota lainya juga secara khusus menjadi pembelajaran kepada anak didik kita dalam pengembangan pangan bahwa jawa timur sebagai lumpung pangan,” ungkapnya.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno mengungkapkan bahwa pembangunan pertanian di Kabupaten Kediri sangat mendukung perekonomian Kabupaten Kediri. Sehingga Pemerintah Kabupaten Kediri terus mendukung upaya peningkatan produktifitas tanaman, baik pangan maupun holtikultura

Bupati Kediri mengungkapkan sekarang ini Dinas Pertanian masih kurang memaksimalkan pertanian. Yaitu menggerakkan petaninya dan SMK pertanian yang ada di Kabupaten Kediri. Sehingga pelajar SMK yang telah lulus dapat meningkatkan pertanian dan perternakan, bukan mencari kerja.

“Pelajar yang lulus membuat pekerjaan baik di bidang pertanian, perternakan dan perikanan,” ungkap Haryanti.

Kegiatan ini juga untuk memberikan informasi kepada para petani agar dapat melihat dan mengamati jenis bibit apa yang cocok di wilayanya. Sehingga produksi pangan yang dihasilkan meningkat.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Jawa Timur yang telah memilih proyek pertanian ini di Kabupaten Kediri. Bupati juga meminta Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar bisa mengoptimalkan desa wisata ini. Sehingga potensi apa saja yang ada di wilayah Desa Kedung Malang dapat meningkatkan penghasilan warga.

“Seperti contoh Desa Jambu yang bisa mengoptimalkan apa saja di desanya menjadi uang, seperti memandikan sapi dan sebagainya,” ungkap Haryanti. (Adv)

Reporter Nuramid Hasyim

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date