Dibuka Plt Wali Kota Blitar, KOSN Sebagai Upaya Jaring Bibit Atlet 

Share this :

Blitar, koranmemo.com  – Dinas Pendidikan Kota Blitar getol menjaring bibit-bibit calon atlet. Salah satunya diwujudkan dengan menggelar agenda  kompetisi  atau kejuaraan olahraga tingkat SD sederajat.

Seperti yang digelar Senin, (10/02). Sedikitnya  450  atlet  beradu strategi dan fisik pada ajang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) se-Kota Blitar  tahun 2020. Kompetisi ini merupakan ajang bagi  atlet tingkat SD dan MI dalam  menyalurkan hobinya di bidang olahraga.

Kompetisi digelar selama enam  hari mulai Senin dan dijadwalkan berakhir pada Jumat, (14/02). Sementara lokasi  kompetisi berbeda-beda. Ada yang digelar di dalam ruangan atau sekolah ada pula di lapangan hingga gelanggang olahraga atau GOR.

Di antara cabang olahraga yang dikompetisikan seperti  atletik, catur, karate, senam, pencaksilat,  sepakbola, renang, bulutangkis, bola voli. Sebagai tanda dimulai kompetisi, digelar seremonial yang dipusatkan  di Alun-Alun Kota Blitar. Plt Wali Kota Blitar Santoso membuka secara resmi. Pembukaan diikuti seluruh insan pendidikan di Kota Blitar hingga para siswa atau pelajar SD di Kota Blitar.

Dalam sambutan singkatknya, Plt Wali Kota Blitar Santoso mengatakan dengan adanya kompetisi setidaknya menjadi titik awal untuk mencurahkan dan menggali potensi siswa. Pasalnya, dia yakin potensi atlet-atlet di Kota Blitar tak kalah dengan daerah lain.

 “Maka dari itu, harus ada media untuk  menjajal. Nah, KOSN inilah salah satunya. Mudah-mudahan bisa  menghasilkan atlet bergengsi. Baik tingkat regional dan nasional.  Selamat bertanding dan junjung tinggi sportivitas dan fairplay,” kata Santoso.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Priyo Suhartono mengatakan  untuk peserta  atau atlet yang berhak mengikuti  kompetisi yakni kelahiran  2008 dan sesudahnya. Atau kelas 1-5. Banyaknya cabang olahraga yang dipertandingkan, digelar beberapa hari dan  lokasinya berbeda-beda. “Antusiasme dari sekolah luar biasa.  Ada sekitar 450  atlet yang turun di berbagai cabang olahraga. Ini juga wujud pembinaan dari dinas pendidikan kepada atlet. Mudah-mudahan muncul bibit unggul,” kata Priyo.

Pelaksanaan  kompetisi  hari pertama atau Senin yakni atletik. Sementara Selasa (11/2) senam, diteruskan dengan   bulutangkis. Dan dilanjutkan dengan  bulutangkis, karate, bola voli, pencaksilat hinga renang. Sementara pelaksanaan sepakbola  digelar pada Kamis-Sabtu (20-22).

Sementara itu,   pembukaan KOSN berlangsung dengan meriah dan semarak. Diawali dengan atraksi dari siswa dari cabang olahraga  pencaksilat, karate, polisi cilik hingga drumband. Pembukaan diakhiri dengan melepas balon ke udara oleh Plt Wali Kota  Blitar Santoso. (adv)

Reporter Abdul Aziz Wahyudi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date