Di Trenggalek, Masih Kurang Belasan Ribu Surat Suara

Trenggalek, Koranmemo.com – Menjelang pelaksanaan Pemilu 17 April 2019, di Trenggalek masih kekurangan belasan ribu surat suara. Kekurangan surat suara dengan jumlah bervariasi merata di semua surat suara, mulai Presiden dan Wakil Presiden, DPRD, DPRD Provinsi, DPR-RI, dan DPD. Hingga saat ini KPUD Trenggalek masih menunggu adanya distribusi tambahan untuk pemenuhan kekurangan surat suara yang jumlahnya mencapai 11.009 lembar.

Suripto, Ketua KPUD Trenggalek mengatakan, kekurangan ribuan surat suara ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah kerusakan surat suara pasca didistribusikan dari percetakan hingga kekurangan surat suara tambahan atau cadangan sebanyak dua persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

“Pada konsolidasi regional di Malang kemarin juga didatangkan pihak penyedia jasa percetakan surat suara, itu sepenuhnya akan terpenuhi untuk kekurangan yang rusak maupun yang dua persen di setiap TPS. Jadi kami masih menunggu distribusi untuk memenuhi kekurangan yang kita miliki,” ujarnya kepada koranmemo, saat dikonfirmasi.

Merujuk Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu pada pasal 350 ayat 3 menyebutkan tambahan atau cadangan surat suara diambilkan dua persen dari DPT di masing-masing TPS. Namun faktanya jumlah surat suara tambahan yang dikirim mengacu pada jumlah kumulatif TPS se Kabupaten Trenggalek sehingga kurang. Kondisi ini mayoritas juga dialami KPUD lainnya.

“Untuk surat suara yang rusak presiden dan wakil presiden sebanyak 347 lembar, DPD 470 lembar, DPR-RI 960 lembar, DPR Provinsi 681, DPRD Dapil satu sebanyak 91 lembar, dapil dua sebanyak 164 lembar, dapil tiga sebanyak 183 lembar dan dapil 4 sebanyak 178 lembar,” kata Suripto.

Kekurangan akibat kerusakan surat suara yang jumlahnya mencapai 3.074 lembar itu belum termasuk jumlah kekurangan dua persen surat suara cadangan. Jika ditotal kekurangan itu mencapai 11.009 lembar surat suara. Suripto memastikan belasan ribu surat suara ini akan terkirim secepat mungkin seiring proses packing setting yang ditargetkan rampung sebelum 13 April mendatang.

“Total kekurangan surat suara karena rusak dan tambahan dua persen rinciannya untuk DPRD dapil satu sebanyak 301, dapil dua sebanyak 424, dapil tiga sebanyak 961, dan dapil empat sebanyak 448 lembar. Untuk presiden dan wakil presiden sebanyak 2903, DPD sebanyak 1930, DPR-RI sebanyak 2360 dan DPRD Provinsi sebanyak 1682 lembar,” kata Suripto.

Untuk diketahui beberapa logistik dan surat suara pasca disortir dan lipat beberapa waktu lalu telah terdistribusi ke sejumlah gudang atau tempat penyimpanan logistik. Diantaranya Gedung Serbaguna di Kecamatan Trenggalek, dua gedung di Desa Kedungsigit Kecamatan Karangan, gedung di Desa Petung dan Desa/Kecamatan Dongko, serta dua gedung di Desa/Kecamatan Gandusari.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu