Di Pare, Pengguna Jalan Tak Pakai Masker Langsung Disidang di Tempat

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Operasi Yustisi dilakukan oleh anggota gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP, Selasa (15/9) di depan Stadion Canda Bhirawa Pare. Dalam operasi gabungan ini untuk masyarakat yang tidak memakai masker langsung dilakukan sidang di tempat.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono mengatakan, mulai (14/9) kemarin dari Polres Kediri, TNI, Satpol PP, Kejaksaan, dan Pengadilan Negeri serentak melakukan operasi yustisi diterapkan penindakan terhadap protokol kesehatan sesuai dengan peraturan daerah (perda) nomor 2 tahun 2020 dari pemerintah daerah (Pemda) Provinsi Jawa Timur. “Ini adalah dasar untuk melakukan penindakan kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan,”jelasnya.

Lanjut AKBP Lukman, kegiatan sidang di tempat ini dilakukan bersama Kejaksaan dan Pengadilan dengan membayar denda sebesar Rp 20.000 sampai Rp 25.000 bagi pengguna jalan yang tidak pakai masker. Meski demikian, mulai awal operasi yustisi kemarin hingga hari kedua ini masih banyak ditemukan masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

Selanjutnya kegiatan ini dilakukan dengan cara hunting sistem setiap siang dan malam. Sasaran dari operasi ini adalah terutama tempat berkumpulnya masyarakat seperti pasar dan Kafe. Kemudian akan terus dilakukan sampai masyarakat sadar.

“Saya berharap dengan sanksi lebih tegas bisa memberi efek jera bagi masyarakat untuk bisa lebih sadar, tertib, dan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Dari pantauan Wartawan Koranmemo.com untuk sementara bahwa sekitar 30 pelanggar yang tidak memakai masker.

Reporter Rizky Rusdiyanto
Editor Achmad Saichu