Di Nganjuk: Tambah 4 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19, Dua dari Klaster Rekreasi

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Kasus penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Nganjuk mengalami peningkatan sebanyak 4 orang terkonfirmasi positif. Di satu sisi, satu pasien berhasil pulih dan dinyatakan telah sembuh dari wabah tersebut.

Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk, dr. Hendriyanto menyampaikan perkembangan terakhir penyebaran virus tersebut di wilayahnya per Kamis (21/5). “Perlu kami informasikan, berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium swab dari instalasi laboratorium sentral RSUD Dr Soetomo kami sampaikan ada penambahan 4 orang terkonfirmasi positif,” ungkapnya.Penambahan pasien terkonfirmasi positif meliputi, wanita (25) dari Kecamatan Ngronggot yang merupakan anak dari karyawan Sampoerna yang meninggal karena Covid-19, melakukan rapid test pada 29 April dengan hasil reaktif dan dievakuasi di RSUD Kertosono. Kedua, laki-laki (28) dari Kecamatan Ngronggot, riwayat kerja di Surabaya yang dilakukan rapid test pada 4 Mei dengan hasil reaktif dan langsung dievakuasi di RSUD Kertosono.

Ketiga, seorang wanita (60) dari Kecamatan Baron, riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif sebelumnya dari Klaster rekreasi, dilakukan rapid test pada 8 Mei dengan hasil reaktif dan langsung dievakuasi di RSUD Kertosono. Keempat, seorang wanita (78) dari Kecamatan Baron, memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi sebelumnya dari klaster rekreasi, dilakukan rapid test pada 8 Mei dengan hasil reaktif dan dievakuasi ke RSUD Kertosono.

“Di samping penambahan 4 pasien terkonfirmasi positif, kami menyampaikan juga kabar gembira, ada penambahan 1 orang pasien sembuh , yaitu wanita 45 tahun, pasien terkonfirmasi no 19, dari kecamatan Pace, yang bersangkutan adalah karyawan pabrik Sampoerna,” paparnya.

Hingga berita ini ditulis, total komulatif penyebaran Covid-19 di Kabupaten Nganjuk, sebanyak 34.106 ODR, 85 ODP, 64 PDP, 692 OTG, 24 positif, dan 8 di antaranya dinyatakan sembuh.

Sementara itu, Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidhayat, berpesan agar masyarakat Nganjuk tetap tenang, waspada dan jangan panik. Patuhi arahan pemerintah dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, jangan bepergian bila tidak perlu, wajib gunakan masker bila keluar rumah, hindari kerumunan, hindari kontak fisik termasuk berjabat tangan, jaga jarak, lakukan perilaku hidup bersih dan sehat, serta sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Pemkab Nganjuk serius, siap dan mampu menangani pandemi Covid – 19.  Semoga Pandemi Covid – 19 segera berlalu,” pungkasnya.

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu