Dewan Trenggalek Apresiasi Program APP 2017

Trenggalek, koranmemo.com – Salah satu upaya pemerintah mengentaskan kemiskinan dengan memberikan bantuan bibit dan benih kopi dan alat – alat produksi pertanian kepada masyarakat miskin dan dikemas dalam program Anti Poverty Program (APP) yaitu program anti kemiskinan mendapat apresiasi dari kalangan DPRD Kabupaten Trenggalek.

Anggota Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kabupaten Trenggalek, Siti Ngawati upaya pemerintah dengan bersinergi bersama dewan masih diperlukan dalam membantu masyarakat . Bentuk aspirasi dari warga masih perlu difasilitasi oleh legislator dalam pengawalan kebijakan agar tepat sasaran dan tepat kualitas.

“Semestinya aspirasi masyarakat seperti program APP ini masih dibutuhkan masyarakat mulai dari usulan, penganggaran sampai pada monitoring,” ucapnya.

Menurut politisi asal PDI Perjuangan ini , dua desa di Kabupaten Trenggalek yaitu, Desa Sumberdadi Kecamatan Trenggalek dan Desa Ngadimulyo Kecamatan Kampak mendapat bantuan langsung dari provinsi. Hal ini masyarakat juga harus memanfaatkan bantuan itu agar bisa terjadi dampak yang signifikan.

“Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan bantuan ini dan bisa memproduksi kopi sendri,” terangnya, Rabu (18/10).

Joko Surono, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Trengalek mengatakan , bantuan bibit kopi diharapkan agar masyarakat tidak perlu membeli kopi di daerah lain, cukup di wilayahnya sendiri.

“Pendampingan dari Dinas berupa sosialisasi atau penyuluhan terus dilakukan agar masyarakat  bisa mendiri dan berkarya untuk memerangi kemiskinan,” imbuhnya.

Joko melanjutkan jika Program APP ini merupakan bantuan langaung dari pemerintah berupa barang dan tidak dalam bentuk uang.

Ditambahkan dia, desa – desa yang berpotensi mendapat bantuan ini adalah desa yang memiliki lahan yanh cocok untuk tanaman kopi dan ada kelompok yang memproduksinya.”Semua desa yang ada di Kabupaten Trenggalek bisa mengajukan permohonan mendapatkan bantuan APP, tentunya dengan melalui kajian dari tim tehnis,” cetusnya.

Diharapkan program ini bisa dijadikan salah satu solusi untuk pemberdayaan masyarakat miskin agar bisa berkarya dan memiliki penghasilan.”Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk berkarya dan menciptakan lapangan pekerjaan sehingga bisa bersaing dalam kegiatan usaha,” pungkasnya.

Reporter : Puthut Purbantara

Editor      : Hamzah Abdillah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.