Deteksi Dini Narkoba, Kapolres Nganjuk Siap Dites Urine

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Sebanyak 114 personel Polres Nganjuk dan polsek jajaran, baik bintara yang menempati jabatan perwira, perwira dan ASN melakukan tes urine di halaman belakang Mapolres Nganjuk, Rabu (10/4/2019) pagi.

Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta, dalam paparannya mengatakan, narkoba adalah musuh negara.

Setiap anggota Polri harus setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga wajib hukumnya untuk memberantas narkoba dan sejenisnya. “Kita nyatakan perang terhadap narkoba,” tegasnya.

Dewa menghimbau agar anggota Polri dan ASN yang dinas di Polres Nganjuk maupun polsek jajaran dan keluarganya bersih dari narkoba. Jika ada anggota yang dulunya pernah memakai narkoba, maka akan dilakukan pembinaan.

“Namun, kalau ada anggota polisi yang positif memakai narkoba, resikonya dipecat,” tandasnya.

Untuk membuktikan bahwa anggota jajaran Polres Nganjuk tidak pernah bermain dan menggunakan dan deteksi dini terhadap narkoba, kata Dewa, pihaknya melakukan tes urine dengan menggandeng Rumah Sakit Bhayangkara Nganjuk.

Menurutnya, pihaknya tidak menutup-nutupi bila mana ada anggota yang positif pengguna aktif narkoba. Bahkan dia bersedia untuk dites urine untuk membuktikan bersih dari narkoba. “Saya siap ditest urine sekarang juga,” katanya.

Usai mendapat pengarahan, ratusan anggota Polres Nganjuk dan polsek jajaran menjalani tes urine. Diawali oleh Kapolres Nganjuk, satu-persatu anggota mengisi form lalu maju ke depan untuk mengambil alat tes.

Selanjutnya, mereka menyerahkan toples kecil yang sudah terisi urine untuk diperiksa oleh petugas Rumah Sakit Bhayangkara Nganjuk. Hasilnya langsung bisa diketahui. Ternyata, ratusan personel polisi ini negatif narkoba.

Reporter : Muji Hartono
Editor      : Achmad Saichu