Deputi Rehabilitasi BNN RI Optimalkan Layanan Rehabilitasi di Kabupaten Kediri

Kediri, koranmemo.com – BNN Kabupaten Kediri mendampingi tim penilaian dari direktorat penguatan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) di Ponpes Al Ghozali Wates dan Klinik Surya Prima Husada Kunjang, Kamis Siang, (21/11/2019).

Kasi Rehabilitasi BNN Kabupaten Kediri Drs. Saifulloh, M.HI mengungkapkan bahwa penilaian Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) ini diperlukan dan memang implementasi dari Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, yang di dalamnya dijelaskan salah satu tugas BNN adalah menguatkan lembaga rehabilitasi, baik milik instansi pemerintah maupun komponen masyarakat.

Perlu diketahui bahwa LRKM yang akan dinilai Mutu Layanan Lembaga Rehabilitasi adalah Ponpes Al Ghozali Wates dan Klinik Surya Prima Husada Kunjang . Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan kepada lembaga LRKM dengan bekerja sama dengan BNN Kabupaten Kediri dalam menyukseskan Program Pencegahan, Pemberantasan, Peredaran & Gelap Narkoba ( P4GN ) di wilayah Kabupaten Kediri.

Sesuai Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika, peran Pemerintah Daerah diutamakan, antara lain melalui pembiayaan layanan rehabilitasi pecandu narkotika di LRKM atau LRIP yang dapat di-cover Jamkesda.

Kabid Rehabilitasi BNNP Jawa Timur dr. Poerwanto Setijawargo mengimbau dan mengajak kepada para penyalah guna, para pecandu narkoba yang belum mendapat akses rehabilitasi dapat melapor diri ke Klinik BNN Kabupaten Kediri atau kedua LRKM tersebut, untuk dipulihkan sehingga dapat kembali menjalani kehidupan secara sehat, mandiri dan produktif. (ADV)

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date