Debit Air Sungai Gunting Meningkat

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Karung besar berisi tanah atau jumbo bag yang dipasang BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Brantas Mojokerto untuk menambal tanggul jebol di Dusun Johoclumprit Desa/Kecamatan Sumobito, Selasa (31/1) terseret banjir lantaran debit air Sungai Gunting yang meningkat.

Padahal, karung berbentuk tas itu baru dipasang. “Semalam (Senin malam) debit air di Sungai Gunting meningkat. Akhirnya jumbo bag yang dipasang sebagai penahan ikut terseret arus,” ujar Pardi (51), warga setempat.

Ada dua titik tanggul Sungai Gunting yang jebol. Yakni sebelah utara dan selatan. Keduanya hanya berjarak sekitar 25 meter. Untuk meminimalisir tanggul jebol, petugas memasang gedek guling (anyaman bambu) dan jumbo bag. Namun upaya tersebut sia-sia lantaran tetap tak kuat menahan kuatnya arus.

“Banyak jumbo bag yang hanyut ke sawah. Karena memang baru dipasang. Sore dipasang, malamnya diterjang arus sungai,” ujar Pardi sembari menunjuk¬† jumbo bag yang berserakan di area persawahan.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Jombang, Nur Huda, membenarkan peristiwa itu. Dia memastikan, BBWS sudah turun ke lokasi. Yakni mengerahkan lima alat berat untuk membuat tanggul darurat.
“Langsung diatasi oleh BBWS. Sebelumnya hanya ada tiga alat berat, pagi tadi sudah ada lima alat berat tambahan di lokasi (tanggul jebol),” ujarnya.

 

Reporter : Agung Pamungkas

Editor : Vrian Triwidodo