Dapat Remisi, 3 Narapidana Langsung Bebas

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Sebanyak 3 orang narapidana di rumah tahanan Klas IIB Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur,  mendapatkan remisi bebas pada peringatan ulang tahun ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2017.

Ketiganya adalah Agung (23) warga RT 34 RW 9 Desa Sumberingin Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek , terpidana kasus UU Psikotropika yang divonis 7 bulan penjara, lalu Eko Santoso (27), warga Desa Gem;polan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, yang terjerat kasus curat dengan vonis 2 tahun dan Dodik Saputra (35) warga jalan Gatot Subroto Kelurahan Kauman Kecamatan/Kabupaten Nganjuk yang divonis bersalah atas tindak pidana penipuan yang dilakoninya. 

Dari 137 orang narapidana di Rutan Klas IIB Trenggalek yang diusulkan remisi  ke Kementrian Hukum dan HAM RI , namun yang  menerima remisi pada peringatan HUT ke-72 tahun ini, ada 107 orang narapidana saja. Sementara 3 orang narapidana kasus tindak pidana korupsi pengajuannya sampai sekarang belum diturunkan oleh kemenkum HAM RI.

Kepala Rutan Klas IIB Trenggalek, Sambiyo, mengatakan, warga binaan dan narapidana yang diawasinya saat ini hanya 199 orang narapidana saja. Padahal secara kapasitas Rutan yang berada di jalan raya Trenggalek – Bendungan ini, tepatnya di Kelurahan Surodakan Kecamatan Trenggalek, bisa menampung sebanyak 288 orang narapidana.

“Jadi di sini tidak ada istilah over kapasitas pak bupati,”katanya dihadapan bupati yang sedianya akan menyerahkan Surat Keputusan Menkumham tentang remisi itu.

Sambiyo juga sempat meminta Bupati Emil Elestianto Dardak agar mengalokasikan bantuan kepada pihak rutan untuk menyukseskan program pembinaan kemandirian bagi warga binaan di rutannya itu.

“Kami masih bisa melaksanakan program kerohanian saja , sholat berjamaah dan mengaji untuk kebutuhan yang lain terkendala anggaran,”ungkapnya.

Alasan Sambiyo menyampaikan hal itu , didasarkan realitas yang terjadi di rutan Kls IIB Trenggalek, dimana 90 persen penghuninya adalah warga kabupaten Trenggalek.

“Kami sangat berharap kepada bupati agar merealisasikan ini dikarenakan terus terang kami kebingungan ketika para warga binaan ini pasca menjalani hukuman di sini,” terangnya.

Sementara Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak berharap kegiatan di Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Trenggalek yang bersifat pemberdayaan masyarakat juga melibatkan warga binaan di Rutan Klas IIB Trenggalek.

“Jika nanti memungkinkan akan kita koordinasikan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan DPRD Kabupaten Trenggalek. Jika hal yang bisa dikoordinasikan dengan kegiatan yang ada di OPD serta nyambung dengan pemberdayaan masyarakat silakan itu dilakukan,” tegasnya.

Bupati Emil Elestianto Dardak juga menyampaikan tali asih kepada tiga narapidana yang saat itu langsung menerima remisi bebas.

Reporter : Puthut Purbantara

Editor      : Hamzah Abdillah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.