Dapat 12.900 Vaksin Sinovac, Jadwal Vaksinasi Covid-19 Kota Malang Februari 2021

Malang, koranmemo.com – Peresmian vaksinasi Covid-19 telah dilangsungkan pada Rabu, 13 Januari 2021. Namun jadwal pelaksanaan vaksinasi di Kota Malang masih akan dilaksanakan pada Februari 2021 mendatang. Kota Malang akan mendapatkan jatah vaksin Covid-19 sebanyak 12.900 dosis.

“Kita jadwalnya Februari dapatnya. Jadi untuk 15 Januari itu Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Malang termasuk ikut giliran Februari. Ini tadi baru dapat info, kita ikut tahap yang kedua,” ujar Sutiaji, Wali Kota Malang, Rabu (13/1).

Meski Sutiaji tidak menjadi orang pertama yang divaksin Covid-19 di Kota Malang, namun dia mengimbau masyarakat untuk tidak ragu untuk melakukan vaksinasi. Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayai berita bohong atau hoax yang beredar terkait vaksin Covid-19.

“Pesan saya tidak usah ragu karena semua sudah melalui tahapan-tahapan. Tidak mungkin negara merugikan rakyat. Jadi Insya Allah vaksin ini adalah jalan keluar kita untuk keluar dari Covid-19. Mudah-mudahan memang ini tepat sasaran dan jangan percaya pada hoax,” tuturnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Sri Winarni menambahkan, vaksinasi Covid-19 di kota Malang akan menyasar 6.450 tenaga kesehatan (Nakes) pada Februari 2021 mendatang.

“Jumlah nakesnya yang sudah terdata di Kemenkes itu 12.897 orang. Jumlah sasaran nakesnya 6.450 orang yang akan divaksin. Sedangkan jumlah vaksinnya ada 12.900,” ujarnya.

Menurutnya, proses vaksinasi Covid-19 akan dilakukan di Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) yang sudah ditetapkan sebagai pelaksana vaksin. Sejauh ini, sudah ada 76 Fasyankes yang sudah terinput datanya untuk melakukan vaksinasi.

Dia menyebutkan, vaksin yang diperlukan Kota Malang hingga tahap keempat sebanyak 571 ribu dosis. Jumlah tersebut berdasarkan dari data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang. Namun data tersebut nantinya akan disinkronkan dengan data BPJS untuk mendapatkan data akhir penerima vaksin Covid-19.

“Ini kan vaksin yang sudah datang di Indonesia adalah vaksin Sinovac, itu persyaratannya adalah penduduk atau orang yang berumur 18 sampai 59 tahun. Warga Kota Malang yang ada di Dispenduk, usia itu ada 571 ribu. Siapa yang menjadi sasaran vaksinasi itu akan diberikan info melalui SMS masing masing individu,” tambahnya.

Reporter: Mokhammad Sholeh

Editor: Della Cahaya