Daop 7 Madiun Tambah 10 Perjalanan KA Khusus Natura

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Menyambut masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018/2019, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun menambah jumlah kereta serta jadwal keberangkatan. Masa Natura ditambah menjadi 18 hari terhitung mulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari. Diharapkan peningkatan penumpang pada masa libur panjang akhir tahun tersebut bisa terpenuhi.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, KAI telah menyiapkan sarana prasaran serta sumber daya manusia untuk mendukung kelancaran pelaksanaan angkutan Natura tersebut. Pasalnya, melihat kesadaran pengguna angkutan umum masyarakat meningkat khususnya kereta api diprediksi pada tahun ini juga meningkat hingga 4 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Prediksi kami akan ada peningkatan hingga 269.650 penumpang pada masa Natura itu. Itulah kenapa kita siapkan sarana prasarananya, seperti menyiapkan 42 perjalanan KA reguler serta 10 perjalanan KA tambahan untuk melayani masyarakat yang ingin menggunakan jasa KA pada masa liburan akhir tahun kali ini,” ujarnya saat dikonfirmasi koranmemo.com, Senin (10/12).

Selain itu, Ixfan menambahkan, aspek sarana lainnya yang dipersiapkan dari Daop 7 Madiun adalah menyiagakan 9 unit lokomotif dan 3 unit lokomotif cadangan, serta 63 unit kereta siap operasi dan 9 unit kereta cadangan. Guna meningkatkan rasa aman, pihaknya juga menyiagakan 367 personel keamanan, serta bekerjasama dengan TNI dan Polri sebanyak 52 personel.

“Kita juga mempersiapkan prasaran yang bersiap siaga di beberapa titik daerah rawan bencana alam. Setidaknya ada 8 titik yang kita deteksi rawan banjir, longsor, dan tanah ambles di sepanjang jalur KA.   Untuk itu, KAI menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) antara lain berupa batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi H Beam (untuk jembatan), alat penambat rel, dsb di titik-titik yang telah ditentukan,” jelasnya.

Sementara, sampai saat ini tiket kereta api masih tersedia untuk berbagai jalur dari wilayah Daop 7 Madiun. Ixfan mengatakan, tiket kereta api jumlah tempat duduk di KA Tambahan masih tersedia sebanyak sekitar 45%. Sedangkan untuk KA Reguler masih tersedia sekitar 31% tempat duduk. “Itu kemarin untuk hari ini belum dapatkan datanya. Semua tiket bisa dibeli secara online sejak 16 November lalu,” tandasnya.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu