Dana Bantuan UMKM di Nganjuk Belum Cair, Begini Kata Disperindag

Nganjuk, koranmemo.com – Sejumlah pelaku UMKM di Kabupaten Nganjuk mengeluhkan bantuan dana untuk UMKM selama pandemic Covid-19 belum juga sampai di tangan mereka. Padahal sudah sejak beberapa bulan yang lalu, pihak BPBD dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk melakukan pendataan.

Ulfa, salah satu pelaku UMKM asal Kecamatan Kertosono mengatakan, pada pertengahan tahun lalu, tempat usahanya didatangi oleh pihak BPBD dan Disperindag Kabupaten Nganjuk. Mereka meminta kelengkapan data usaha yang dikelola. Katanya, untuk kebutuhan pendaftaran bantuan dana bagi UMKM terdampak Covid-19.

Namun sampai saat ini, dia belum juga menerima bantuan yang dijanjikan tersebut. “Saya kira, setelah pendataan itu saya segera mendapat bantuan, ternyata sampai saat ini tidak ada,” keluhnya.

Heni Rochtanti, Kepala Disperindag Kabupaten Nganjuk menjelaskan, pendistribusian bantuan kepada pelaku UMKM tersebut masih dalam proses.  Data dari ratusan calon penerima bantuan sudah diverifikasi dan diusulkan ke pusat.  “Sekarang kami juga menunggu,” kata Heni.

Baca Juga: Karyawan Terpapar Covid-19, Bank Bukopin KCU Malang Alihkan Kantor Pelayanan

Baca Juga: Tembakau Tak Terbeli, Petani di Ngawi Kelimpungan

Heni juga menuturkan, jika proses pengajuan dana untuk pelaku UMKM terdampak sudah cair, akan diadakan sosialisasi kepada UMKM terkait. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada penerima bantuan supaya benar-benar memanfaatkan dana sesuai fungsinya. Setelah sosialisasi, dana bantuan akan ditransfer ke rekening penerima.

“Kami minta untuk pelaku UMKM bersabar menunggu bantuan. Sekarang dalam proses menunggu,” pungkas Heni.

Reporter: Inna Dewi Fatmawati

Editor: Della Cahaya