Dampak Penyebaran Covid-19, PN Gelar Sidang Jarak Jauh

Lamongan, koranmemo.com – Tak hanya kantor pemerintah kabupaten (Pemkab) Lamongan yang melakukan pencegahan penyebaran virus corona, Pengadilan Negeri Lamongan pun juga melakukan hal tersebut.

Hanya beberapa profesi yang bisa mengikuti segala aktivitas di Pengadilan Negeri Lamongan, seperti wartawan, advokat, saksi/ahli dan pengunjung Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Sementara, himbauan dilarang masuk bagi pengunjung atau keluarga juga terpasang di pintu palang masuk Pengadilan Negeri Lamongan. Akibatnya, beberapa pengunjung yang terlanjur datang terpaksa menunggu di halaman PN Lamongan.

Pemandangan berbeda juga terlihat di ruang tunggu. Bagi pengunjung, tepatnya di depan ruang Sidang Candra. Di mana kursi pengunjung baik di ruangan khusus area untuk merokok dan kursi pengunjung pun turut disegel.

Humas Pengadilan Negeri Lamongan, Agusty Hadi Widarto, membenarkan hal tersebut. Menurutnya upaya yang dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya pencehahan penyebaran virus corona yang setiap hari semakin meningkat.

“Intinya, untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) dimasyarkat. Persidangan perkara pidana dapat dilakukan secara jarak jauh atau teleconference. Hal ini sebagai tindak lanjut memorandum nomor 72/dju/ps.003/3/2020 tgl 26 maret 2020,” ujar Agusty, Selasa (31/3).

Kerjasama tersebut, tambah Agusty, sudah dilakukan antara Departemen Hukum dan Ham mewakili Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Mahkamah Agung (MA). “Meski begitu, pelayanan di PTSP masih tetap berjalan seperti biasa,” imbuh Agusty.

Hari ini, masih menurut Agusty, PN Lamongan mengadakan sidang melalui teleconference dengan terdakwa yang berada di Lapas, sedangkan Hakim di kantor PN Lamongan. Sedangkan untuk PH mendampingi terdakwa di Lapas ditambah saksi berada di kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Lamongan.

Reporter: Fariz Fahyu
Editor: Della Cahaya