Dampak Digitalisasi Untuk Perspektif Rupiah Masa Mendatang

Share this :

Kediri, koranmemo.com-Tahun 2030 nanti, sistem pembayaran elektronik akan menjadi hal yang lumrah dalam perekonomian Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Anang Samsul Mulyanto, Ketua Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang di Bank Indonesia (BI) Kediri Lantai 5, Jalan Brawijaya No.2, Kecamatan Kota, Kota Kediri, Kamis (9/8).

“Era millenium seperti ini berpotensi besar mudahnya penyebaran sistem pembayaran elektronik”, ujar Anang.

Namun di sisi lain, dia juga menuturkan bahwa diperlukan waktu lebih untuk mengenalkan sistem ini pada khalayak heterogen seperti  rakyat Indonesia. Hal ini dikarenakan luasnya wilayah NKRI dan kurangnya infrastruktur yang memadai dalam penyebaran sistem ini.

Adapun dalam kebijakan penggunaanya, pihak BI  memperbolehkan dan tentunya memberikan pengarahan tersendiri pada pemilik sistem e-pay ini. Mereka juga mengontrol dan memonitori jalannya sistem e-pay agar berjalan sesuai ketetapan.

Di akhir sesi tanya jawab, Anang berharap agar kaum muda lebih siap dalam menghadapi perkembangan zaman dengan sikap disiplin, mandiri dan tanggungjawab demi kelancaran sistem perekonomian di masa mendatang.

Reporter: Kirana Ratu Sekar Kedaton (MAN 2 Kota Kediri)

Editor: Della Cahaya Praditasari