Daftar Bacawabup, 2 Kepala OPD Bakal Diperiksa Bawaslu: Ada Apa?

Share this :

Ponorogo, koranmemo.com – Pencalonan dua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai Bakal Calon Wakil Bupati ( Bacawabup) di dua partai, Rabu (22/7) berbuntut panjang. Ini lantaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ponorogo akan melakukan pemeriksaan terhadap kedua ASN eselon 2 terkait pencalonanya dalam Pilkada Ponorogo tersebut.

Hal ini diungkapkan, Kordiv Pengawasan Bawaslu Ponorogo Juwaini. Diatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pengakijan materi, pasca pendaftaran Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPU-PKP) Jamus Kunto sebagai Bacawabup dari PKB, dan Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Ponorogo Bambang Tri Wahono sebagai Bacawabup dari PKB dan Demokrat tersebut.

” Kita kaji dan diputuskan melalui rapat pleno apakah terdapat pelanggaran terkait dengan netralitas ASN/PNS dalam pendaftaran tersebut. Ini kita masih akan melakukan pendalaman untuk itu,” ujar Juwaini, Kamis (23/7).

Juwaini menambahkan, netralitas ASN tertuang dalam peraturan perundangan pada UU ASN nomor 5 tahun 2014, yang menyebutkan profesi ASN berdasarkan prinsip dan nilai kode etik prilaku, dimana wajib dituntut profesional.“Kita pastikan dulu ke pihak partai, pastikan ke media, dengan bukti pendukung, juga kepada yang bersangkutan bahwa itu kegiatan itu benar dilakukan,” tambahnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Ponorogo Agus Pramono menilai apa yang dilakukan kedua ASN Pemkab itu belum bisa disebut pelanggaran. Pasalnya, keduanya belum ditetapkan sebagai calon oleh KPU.” Yang bisa menilai ada pelanggaran itu bawaslu. Tapi mencalonkan diri itu hak setiap warga. Sepengetahuan kami kalau sudah ditetapkan (KPU) baru pengunduran diri,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, bursa Pilkada Ponorogo semakin memanas. Ini setelah 2 kepala OPD ikut meramaikan perebutan kursi Katong 1 dan 2. Mereka yakni, Kepala DPU-PKP Jamua Kunto, dan Kepala BPPKAD Bambang Tri Wahono yang mendaftar sebagai Bacawabup di PKB dan Demokrat. Tidak hanya itu Ketua DPC Demokrat Ponorogo Meseri Effendi mendaftar Bacawabup dari Demokrat, serta mantan Anggota DPRD Provinsi Jatim Partai Demokrat Sugiri Sancoko juga ikut mendaftar sebagai Bacabup dari Demokrat dan PKB.

Reporter Zainul Rohman
Editor Achmad Saichu