Curi HP, Warga Nganjuk Diborgol

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Gara-gara mencuri telepon genggam (HP) milik Moch. Mahmudi (21), warga Desa Sidomulyo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Hengky Windiar Putra (36) warga Desa Pecuk Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk, ditangkap personel Unit Reskrim Polsek Plosoklaten.

Kapolsek Plosoklaten, AKP Soedarsono menjelaskan, sebelum penangkapan, pada Senin (13/1) sekitar pukul 14.30 WIB, di kios bakso milik Mansurin Desa Brenggolo Kecamatan Plosoklaten, personel mendapat laporan mengenai kejadian pencurian. “Awalnya, korban membeli bakso dan HP diletakkan di dasbor sepeda motor Honda Vario 125 miliknya,” jelasnya, Selasa (14/1).

Tidak lama kemudian, kata AKP Soedarsono, pelaku datang menggunakan sepeda motor Yamaha Mio ke kios tersebut. Mengetahui ada HP yang ditinggalkan pemiknya di sepeda motor, pelaku segera mengambilnya dan melarikan diri. Korban yang merasa curiga dan mengetahui pelaku membawa kabur HP miliknya, spontan berteriak dan mencoba mengejar.

Korban yang mengejar dan berteriak ‘maling’, warga sekitar pun merespon. Beberapa warga ikut mengejar akhirnya mencoba menghadang laju kendaraan pelaku. Akhirnya, pelaku yang tidak mampu mengendalikan laju kendaraan terjatuh. “Setelah terjatuh, warga berusaha menangkap pelaku yang akhirnya korban bersama saksi (warga) lainnya melaporkan ke Polsek Plosoklaten,” katanya.

Di kantor Polsek Plosoklaten, pelaku mengaku jika dirinya tidak mempunyai niat untuk mengambil HP milik korban. Dia juga menyanggah jika sudah membuntuti korban. “Pelaku bilangnya tidak niat mengambil, tapi kalau tidak ada niat dan kesempatan, pasti tidak akan ada kejadian pencurian. Kami masih mendalami lebih lanjut kasus ini,” ucapnya.

Sementara itu, saat ditanya barang curian akan dijual atau untuk keperluan lain, ternyata pelaku hanya ingin memiliki dan digunakan sendiri. Kepada petugas, pelaku mengaku bahwa tindakannya ini baru pertama dilakukan dan tidak melibatkan orang lain.

Namun, barang bukti HP korban yang diambil pelaku, saat ini masih dalam pencarian. Pasalnya, saat berhasil dihadang warga dan personel datang ke tempat kejadian perkara (TKP), pelaku membuang barang bukti (HP) tersebut. “Sementara, barang bukti yaitu HP masih dalam pencarian. Untuk bukti lain, kami mengamankan sepeda motor dan jaket pelaku. Dari korban, kami meminta kotak (dosbook) HP untuk proses hukum lebih lanjut,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Della Cahaya