Curi Ayam Bangkok, Warga Lamongan Ditangkap

Jombang, koranmemo.com – Untung Suharto (27), warga Dusun/Desa Bakalan Kecamatan Sugio Kebupaten Lamongan, ditangkap petugas Unit Reskrim Polsek Jombang Kota, Selasa (18/9).

Ini setelah dia nekat mencuri dua ekor ayam Bangkok milik Matdjuri (56), warga Desa Plandi Kecamatan Jombang Kota, dengan semula berpura-pura mencari ayam aduan di rumah korban.

“Pelaku berikut barang bukti sudah kami  amankan,” kata Kapolsek Jombang AKP Suparno, Rabu (19/9).

Dijelaskan, aksi pencurian ayam bermula saat pelaku datang ke rumah korban Selasa (18/9) sekitar pukul 10.00 WIB. Di rumah korban, pelaku melihat-lihat ayam peliharaan korban di halaman rumah, sambil berkata jika dia sedang mencari ayam aduan dengan kriteria jenis jalu.

Karena tidak memiliki ayam seperti yang dicari pelaku, korban kemudian menawarkan mengantar pelaku ke rumah teman korban bernama Edi Hartono, yang memiliki ayam sesuai dengan yang dicari pelaku.

“Selanjutnya dengan mengendarai sepeda motor pelaku, korban berboncengan menuju ke rumah Edi. Setelah sampai, pelaku memilih seekor ayam seharga Rp 2 juta,” kata Suparno kepada wartawan, Rabu (19/9).

Kemudian, pelaku berpamitan dengan alasa  mengambil uang di salah satu ATM di Jombang. Dia kemudian pergi dengan mengendarai sepeda motor miliknya. Namun, setelah ditunggu lama, pelaku tak kunjung kembali ke rumah Edi.

Karena merasa ada yang tidak beres, korban kembali pulang. Alangkah kagetnya, 2 ekor ayam Bangkok yang semula di halaman rumah, sudah lenyap.

“Kecurigaan langsung mengarah ke pelaku sehingga kasus ini dilaporkan ke kami. Hari itu juga pelaku kami amankan berikut barang bukti 2 ekor ayam Bangkok. Selain itu kami amankan sepeda motor Honda Beat nopol W 6022 MS,” ungkap Suparno.

Dalam pemeriksaan, lanjut Suparno, diketahui jika pelaku sudah menyiapkan 2 kiso atau tempat ayam. “Dia memanfaatkan situasi sepi sehingga langsung mengambil ayam milik korban saat pura-pura ambil ATM,” pungkasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Della Cahaya Praditasari