Curi ATM, Saldo Tabungan Mantan Majikan Dikuras

Share this :

Jombang, koranmemo.com – EP (20), dibekuk aparat Unit Reskrim Polsek Ngoro, Jumat (17/5) sekitar pukul 00.30 WIB di Dusun Jlopo Desa Tebel Kecamatan Bareng. Pria beralamatkan di Dusun Kwayuhan Desa Pucangro Kecamatan Gudo ini ditangkap lantaran telah menguras saldo tabungan milik mantan majikannya bernama Sri Reni (39), asal Dusun Sumberejo Desa Jombok Kecamatan Ngoro.

Kasubbag Humas Polres Jombang AKP Hariyono menjelaskan, kasus tersebut terbongkar bermula ketika korban hendak mengambil tabungan di bank BRI Cabang Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, menggunakan buku tabungan lantaran merasa kartu ATM miliknya hilang.Usai mengambil sejumlah uang, korban terkejut memeriksa sisa saldo miliknya berkurang secara misterius mencapai Rp 18 juta. Merasa tidak pernah mengambil uang tersebut, korban kemudian meminta print out ke pihak bank.  Dari sini, korban juga mendapat penjelasan dari pihak bank tentang adanya riwayat penarikan uang sebanyak 9 kali melalui kartu ATM.

“Karena merasa tidak pernah melakukan penarikan uang, ditambah lagi kartu ATM miliknya juga hilang, korban memutuskan melapor ke Polsek Ngoro Rabu (15/5),” kata Hariyono kepada wartawan, Minggu (19/5).

Berangkat dari laporan korban, lanjut Hariyono, petugas unit reskrim bergerak melakukan penyelidikan. Berkoordinasi dengan pihak bank BRI, petugas mengetahui di titik mana saja pelaku menarik saldo tabungan korban. Salah satunya terpantau di ATM depan Pabrik Venesia Bareng.

“Petugas kemudian mengambil rekaman CCTV untuk mengetahui isi rekaman, pada jam yang rekening korban berkurang. Nah di sini terpantau pelaku penarikan yang ternyata langsung dikenali korban, sebagai orang yang pernah  bekerja di tempatnya,” papar Hariyono.

Setelah mengantongi identitas pelaku, petugas segera mendatang rumah EP di Desa Pucangro Kecamatan Gudo. Di sini, petugas mendapat informasi jika EP berada di rumah mertuanya di Desa Tebel Kecamatan Bareng, sehingga langsung dibekuk.

“Dari penangkapan ini petugas menyita satu HP Samsung tipe J5 yang dibeli dari uang hasil curian, satu jaket jumper warna abu-abu pada bagian depan ada tulisan Single Woles, helm standart warna krem merk MAX serta foto rekaman CCTV yang merekam aksi pelaku. Selain itu juga diamankan buki tabungan Bank BRI milik korban,” ujar Hariyono.

Sementara itu, hasil dari pemeriksaan terhadap EP, aksi kuras saldo dapat ia lakukan lantaran sebelumnya telah mencuri kartu ATM milik mantan majikannya tersebut, sekaligus mengetahui pin dari catatan yang ia temukan di tempat korban,  beberapa waktu yang lalu.
“EP dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian,” pungkas Hariyono.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu