Curi 8 Gurame Tetangga Dibui, Pelaku Kepergok Lalu Menyelam

Jombang, Koranmemo.com – Isdarmawanto alias Blekok (34) dan Ardi Septiawan alias Cabun (19), keduanya warga Dusun Roworayung, Desa Bakalanrayung, Kecamatan Kudu, harus merasakan pengapnya jeruji besi Polsek Kudu.

Ini karena keduanya kepergok mencuri ikan gurame milik Moh Tohir (49), seorang guru, yang tak lain adalah tetangga kedua pelaku sendiri, Minggu (4/3) sekitar pukul 02.00 WIB.

“Kedua pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun,” kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Jombang, Iptu Sarwiadji, kepada Koran Memo, Selasa (6/3).

Dijelaskan, aksi pencurian terbongkar ketika korban hendak ke kolam yang berada di samping rumahnya. Korban pun terkejut lantaran mendapati pagar kawat yang terpasang di atas tembok, dalam kondisi rusak.

“Korban curiga ada orang yang masuk. Untuk itu dengan berjalan perlahan, korban mendekati kolam,” ujar Sarwiadji.

Setelah diamati, lanjut Sarwiadji, korban melihat ada dua orang pria di dalam kolam miliknya. Sedangkan di luar kolam, sudah ada 8 ekor ikan gurame yang diduga kuat diambil pelaku dari kolam.

Saat itu juga korban memanggil sejumlah tetangga untuk membantu mengamankan para pelaku. Nampaknya, kedua pelaku sadar jika aksinya ketahuan.

Mereka pun nekat menenggelamkan diri ke air. Sementara korban, memilih menunggu di lokasi hingga akhirnya kedua pelaku menyerah lantaran tidak kuat lagi menahan nafas di dalam air.

“Setelah berhasil diamankan, kedua pelaku diserahkan ke Polsek Kudu berikut barang bukti 8 ekor gurame yang ditaksir senilai Rp 500 ribu, sandal jepit warna biru, 3 buah kalo terbuat dari anyaman bambu serta satu keranjang,” pungkas Sarwiadji.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Gimo Hadiwibowo