Cerita St. Valentine, Nama yang Kerap Dikaitkan Dengan Perayaan Valentine

Share this :

Koranmemo.com – Hari Valentine atau yang biasa disebut dengan hari kasih sayang, sejak lama dirayakan setiap tanggal 14 Februari. Setiap orang akan berusaha menciptakan suasana yang dianggapnya paling romantis kepada orang yang dicintai. Memberi bunga, coklat, boneka, atau mengajak makan malam di restoran mewah dengan ditemani alunan musik yang mendayu lumrah terjadi pada perayaan hari Valentine.

Di balik perayaan yang selalu dilakukan setiap tahun oleh masyarakat hampir di seluruh dunia ini, ada cerita menarik tentang bagaimana perayaan ini bisa ada. Nama Valentine sendiri merujuk kepada seorang pendeta bernama Valentine atau Valentinus. Gereja Katolik mencatat setidaknya ada tiga orang kudus berbeda yang memiliki nama Valentine atau Valentinus.

Dilansir dari History, salah satu legenda mengatakan, Valentine adalah seorang pemuka agama yang melayani selama abad ketiga di Roma. Pada masa itu, Kaisar Claudius II yang sedang berkuasa melarang pria lajang yang masih muda untuk menikah. Ditengah masa peperangan yang dihadapi oleh Roma, Claudius II beranggapan jika pria muda itu lebih baik menjadi prajurit daripada jika memiliki istri dan keluarga.

Mendengar hal itu, Valentine menyadari suatu ketidakadilan bagi pasangan muda yang ingin menjalin hubungan kasih. Dia menentang perintah yang ditetapkan Claudius dengan terus melangsungkan pernikahan bagi para pasangan muda secara sembunyi-sembunyi. Seiring berjalannya waktu, tindakan yang dilakukan oleh Valentine akhirnya diketahui oleh Claudius, karena pemberontakannya itu Valentine di hukum mati.

Cerita lain mengatakan, Valentine mungkin saja terbunuh ketika dia sedang berusaha membantu umat Kristen melarikan diri dari penjara Romawi, tempat mereka dipenjara. Valentine yang dipenjara memberikan hadiah Valentine pertama setelah dia jatuh cinta kepada wanita muda yang kemungkinan adalah anak perempuan dari sipir penjara itu.

Sebelum kematiannya, Valentine menuliskan surat kepada wanita pujaannya itu dengan bertuliskan ‘dari Valentinemu’ sebuah kata-kata yang masih dipakai hingga saat ini dalam perayaan Valentine. Meski cerita dibalik hari Valentine menunjukan kisah yang suram, semua cerita itu menggambarkan daya tariknya sebagai sosok yang heroik, simpatik, dan yang terpenting romantis.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date