Cegah Persebaran Covid-19, Polsek Kertosono Gencar Operasi Yustisi

Nganjuk, koranmemo.com – Untuk mencegah persebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Kertosono, sebanyak 5 personel Polsek Kertosono menggelar Operasi Yustisi, penegakan protokol kesehatan (prokes), Selasa (12/1) siang.

Kegiatan ini digelar beberapa lokasi, di antaranya Jalan Ahmad Yani, Bank Jatim, Jalan KH. Wachid Hasyim, Jalan KH. Agus Salim, dan Bank BRI Unit Kertosono.

Kapolsek Kertosono Kompol Djamin, S.H. mengatakan, dilaksanakannya Operasi Yustisi penegakan protokol kesehatan ini dengan pertimbangan dapat memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan di dalam masa pandemi Covid-19 ini.

“Kegiatan ini mengacu Instruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan, dan pengendalian Virus Corona,” jelasnya.

Selain itu, kata Djamin, juga mengacu pada Peraturan Gubernur Jatim Nomor 2 Tahun 2020 tentang perubahan atas Perda Provinsi Jatim Nomor 1 Tahun 2019, tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

Juga berpedoman pada Perbup Nganjuk Nomor 35 Tahun 2020 tentang pedoman masa transisi menuju tatanan normal baru atau adaptasi kebiasaan baru pada kondisi pandemi Virus Corona (Covid-19).

“Hasilnya, 11 orang pelanggar yang terjaring, dan diberikan teguran lisan. Kami juga membagikan masker kepada masyarakat, yang kebetulan tidak memakai masker,” paparnya.

Djamin menjelaskan, selama operasi pihaknya selalu mengimbu kepada masyarakat agar patuh protokol kesehatan dengan memperhatikan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan.

Bagi para pelanggar diberikan imbauan, serta diberikan sanksi berupa teguran lisan. “Semoga mereka ke depannya mereka patuh protokol kesehatan, karena hal ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Reporter : Muji Hartono