Cegah Penyebaran Virus Corona, Forkopimda Nganjuk Semprotkan Disinfektan di Pasar Tradisional

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Bupati Nganjuk bersama Forkopimda Nganjuk terus memerangi penyebaran virus corona atau covid-19 yang kian membuat resah. Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan dengan penyemprotan disinfektan di area Pasar Wage baru yang terletak di Kelurahan Kartoharjo Kecamatan/ Kabupaten Nganjuk.

Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidayat menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyemprotan serta bersama bergerak memerangi penyebaran covid-19. Ia meminta kepada tim supaya kegiatan ini bukan dilaksanakan sesaat, namun dilaksanakan setiap Minggu dan sudah terjadwal rutin. “Diawali penyemprotan pasar maupun di tempat-tempat fasilitas umum lain,” jelasnya, Selasa (24/3).

Mas Novi, sapaan akrab Bupati Nganjuk menambahkkan, kegiatan memerangi covid-19 terus dilakukan pemerintah, begitu juga nanti dilaksanakan di tempat-tempat ibadah, mulai masjid, gereja, maupun tempat ibadah lain. “Sebagai bentuk nyata tindakan kita dalam rangka menjaga serta melindungi masyarakat Kabupaten Nganjuk,” imbuhnya.

Mas Novi mengimbau kepada masyarakat untuk mengisolasi diri sendiri di rumah serta mengurangi kegiatan di luar maupun aktivitas berkumpul. Hal itu guna menghindari terjadinya penularan virus di wilayah Kabupaten Nganjuk.

“Covid-19 ini bisa kita kendalikan secara bersama-sama, tidak mungkin akan bisa mengendalikan dengan cara sendiri, tetapi kami yakin dengan kerja sama yang baik antar berbagai pihak, maka upaya pencegahan terhadap penyebaran covid-19 bisa maksimal,” tandasnya.

Pada kegiatan tersebut, turut berperan aktif antara lain Kodim 0810, Polres Nganjuk, Tagana, BPBD, Pemerintah daerah, PC NU, bersama-sama melaksanakan penyemprotan disinfektan.

“Untuk dinas dan juga yang lain harus menyediakan tempat-tempat fasilitas cuci tangan sesuai SOP dengan standar semuanya. Serta pastikan ketersediaan air dan juga alat isi sabunnya. Tetap tenang serta menjaga pola hidup sehat. Kami meminta tolong semuanya harus diterapkan dan harus dipatuhi,” tegasnya.

Sementara itu, untuk tata cara dalam penyemprotan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, Nur Cholis, mengarahkan kepada tim untuk terus melakukan penyemprotan, terutama benda- benda yang sering dipegang agar menjadi prioritas. Pasalnya, benda yang sering disentuh maupun tempat yang kerap dijadikan lokasi berinteraksi manusia terindikasi rawan terjadi penularan covid-19.

Untuk diketahui, setelah penyemprotan disinfektan di Lingkungan dua pasar wage Nganjuk selesai, selanjutnya rombongan Forkompinda Nganjuk yang didampingi perwakilan Kepala OPD Kabupaten Nganjuk menuju RSUD Kertosono untuk melakukan pengecekan terhadap lingkungan rumah sakit.

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu