Cegah Penyebaran Covid-19, Puluhan Petugas Lapas Klas IIA Kediri Rapid Test

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Puluhan petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Kediri mengikuti rapid test, Jumat (28/8) pagi, di Lapas Klas IIA Kediri. Ini dilakukan untuk menekan dan mencegah penyebaran Covid-19 serta memantau kesehatan para petugas Lapas.

Kepala Lapas Klas IIA Kediri, Asih Widodo menjelaskan, rapid test ini tidak hanya untuk menekan penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas Klas IIA Kediri saja, namun sebagai upaya mengetahui kesehatan setiap petugas Lapas.

Menurut Widodo, rapid test diberlakukan kepada seluruh petugas Lapas. Mengingat jumlah petugas mencapai 118, pelaksanaan dilakukan selama dua hari. “Jumat (28/8) adalah gelombang pertama, dan gelombang kedua dilakukan Sabtu (29/8),” ujarnya.

Menurut Widodo, dalam proses rapid test ini para petugas medis dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD). Mereka mengambil sampel darah petugas yang dilakukan secara bergantian, antrean sesuai dengan Protokol Kesehatan dan hasilnya dinyatakan negatif atau non reaktif.

“Alhamdulillah seluruh petugas dinyatakan dalam hasil rapid test tersebut non reaktif. Berdasar data tersebut tentu bukan berarti kimi bebas dari virus, akan tetapi kami tetap harus mempertahankan hasil dan keadaannya,” tegasnya.

“Jangan sampai, lanjutnya, ada satu orangpun yang termasuk dalam kategori penularan atau penyebaran Covid-19 maupun ada yang positif Covid-19. Kami sudah melakukan langkah-langkah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas dan kami harap seluruh pihak harus patuh dan disiplin dalam melaksanakan setiap protokol kesehatan yang ditetapkan,” tuturnya.

Sementara itu, kata Widodo, perhatian kondisi kesehatan tidak hanya berlaku untuk petugas Lapas. Kondisi kesehatan untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terus diperhatikan. Mengenai jumlah WBP sampai tanggal 28 Agustus, mencapai 502 orang.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Achmad Saichu