Cegah Penyebaran Covid-19, Petugas Bubarkan Kerumunan 

Share this :

Trenggalek, Koranmemo.com – Satuan tugas gabungan penanggulangan covid-19 di Trenggalek menggelar sweeping di sejumlah tempat keramaian, Selasa (24/3). Pemantauan itu dilakukan setelah sebelumnya petugas memberikan sosialisasi dan imbauan menjalankan social distancing sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Petugas membubarkan massa di sejumlah tempat.

Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, tindakan tegas ini dilakukan untuk memastikan masyarakat benar-benar menjalankan imbauan pemerintah. “Faktanya masih ada (orang berkerumun). Kami memberikan tindakan tegas,” kata Jean saat menggelar sweeping di sejumlah warung kopi di Jalan Brigjen Soetran.Tindakan tegas itu diantaranya adalah membubarkan kerumunan massa, menindaklanjuti maklumat Kapolri. Petugas kembali memberikan peringatan agar masyarakat patuh terhadap imbauan pemerintah. Pihaknya meminta masyarakat untuk tidak menganggap remeh wabah tersebut. “Kami akan panggil oknum yang masih tidak menaati. Jangan dianggap remeh dengan kondisi seperti saat ini,” kata Jean.

Sebelumnya pemerintah setempat telah menerbitkan edaran tentang aturan operasional sejumlah tempat hiburan. Poinnya adalah menutup sejumlah tempat hiburan yang mengundang kerumunan massa hingga dua minggu ke depan. “Ibadah saja untuk sementara dilakukan di rumah, apalagi kerumunan massa (di warung kopi) seperti ini,” kata Sekretaris Daerah Trenggalek, Joko Irianto.

Disinggung soal hajatan yang juga mendatangkan kerumunan massa, Joko meminta masyarakat untuk lebih bijaksana dengan menundanya. Pasalnya sosial distancing ini efektif menanggulangi penyebaran Covid-19, seiring penanggulangan yang dilakukan pemerintah lainnya. “Kita nggak lock down, tapi kita tutup sementara waktu. Karena ini darurat nasional,” pungkasnya.

Selain melakukan sweeping dan membubarkan kerumunan massa, petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah lokasi. Kegiatan ini bakal dilakukan secara berkala hingga batas waktu yang ditentukan. Dengan patroli ini, diharapkan social distancing benar-benar dipatuhi sehingga persebaran wabah corona dapat ditanggulangi.

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date