Cegah Corona, 2 Pasar Tradisional di Jombang Disemprot Disinfektan

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Dua pasar tradisional di Kecamatan Jombang mulai dilakukan penyemprotan cairan disinfektan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Jombang. Langkah preventif penyemprotan di Pasar Pon dan Pasar Citra Niaga (Pasar Legi) ini guna mengantisipasi rawannya penyebaran virus Corona (Covid-19), dimana area tersebut sering dilalui setiap orang setiap bertransaksi jual beli.

“Pada penyemprotan cairan disinfektan ini sebenarnya sudah kita lakukan di pasar Blimbing, dan pada hari ini giliran pasar Pon dan setelah ini dilanjutkan ke pasar legi. Penyemprotan ini nanti berkelanjutan ya ke pasar yang lainnya,” ucap Bambang Nurwijayanto, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jombang saat diwawancarai di Pasar Pon, Kecamatan Jombang, Senin (23/3).Dari pantauan di lokasi, petugas nampak melakukan penyemprotan cairan disinfektan oplosan dengan memakai berbagai cairan pembersih diantaranya, pemutih pakaian, serta pembersih lantai dan meja. Terlihat sasarannya tak lain di sejumlah area tempat sampah di area pasar tradisional, mulai dari area parkiran, meja-meja pedagang dan tempat-tempat selokan.

“Langkah penyemprotan ini merupakan langkah preventif untuk mencegah persebaran virus COVID-19. Salah satunya yang kita semprot di setiap lorong-lorong yang menjadi akses pedagang saat bertransaksi jual beli,” imbuhnya.

Bambang menjelaskan bahwa, kalau pagi hari para pedagang dan pembeli tidak bisa melakukan aktivitas dagangnya, jadi dengan disemprot siang dan sore hari, rata-rata sejumlah pedagang sudah banyak yang tutup dan tidak ada akses berjualan.

“Kita belum ada untuk meliburkan atau menutup pasar, karena itu biar mereka beraktivitas pagi, baru kita siang dan sore harinya penyemprotan disinfektan. Selain ketiga pasar ini, nanti ada 16 pasar di Jombang. Mungkin besok giliran di pasar Peterongan dan Perak yang akan kita lakukan penyemprotan,” terangnya.

Terpisah, melihat tempat berjualannya disemprot oleh petugas Disperdagin Jombang, Salah seorang pedagang pasar legi, Faidah (40) menilai langkah pihak dinas terkait yang sudah berupaya penyemprotan cairan disinfektan ini sangat baik, lagipula juga mampu mengatasi rasa khawatir warga maupun pedagang pasar yang sering setiap hari bertemu dengan para pembelinya.

“Upaya ini ya bagus mas, dari pada gak disemprot. Soalnya ini kan pasar, termasuk daerah yang rawan, mengingat sebelumnya kan belum ada (belum dilakukan penyemprotan),” pungkasnya.

Repoter : Taufiqur Rachman

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date