Cangkul Tanah, Justru Temukan Proyektil dan Ranjau

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Warga Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri geger lantaran menemukan dia benda mencurigakan, satu berbentuk lonjong dan satunya berbentuk bulat pipih.

Setelah penemuan benda tersebut, personel Polsek Plosoklaten bersama Tim Penjinak Bom (Jibom) Kompi I Yon C Pelopor Satbrimob Polda Jatim, melakukan evakuasi dua benda misterius tersebut, Senin (13/1).

Kasie Humas Polsek Plosoklaten, Bripka Mayanto Fajar menjelaskan, sebelum dilakukan evakuasi oleh tim Jibom, pada Sabtu (11/1) sekitar pukul 15.00 WIB, warga setempat, M. Rifa’i (32) bersama dua warga lainnya melakukan penggalian tanah di pekarangan milik Kasa’i (65), tepatnya di Dusun Jarak Kidul.

“M. Rifa’i (saksi) bersama dua orang lainnya, Ahmad Saeroji dan Suyatno menggali tanah untuk tanah uruk. Saat mencangkul, ternyata mengenai benda keras yang diduga terbuat dari besi. Dua benda tersebut dalam kondisi berkarat, mereka pun mencoba mencangkul di lokasi lain,” jelasnya.

Setelah menemukan dua benda mencurigakan, lanjutnya, saksi melaporkan kejadian tersebut ke Kepala Dusun (Kasun) setempat, Daelani. Mereka pun segera memeriksa dan menduga bahwa benda tersebut adalah proyektil dan ranjau. Karena diduga masih aktif, kedua benda tersebut di pindahkan ke tepi sungai.

Daelani, kata Bripka Mayanto, baru melaporkan penemuan tersebut pada Senin (13/1) pagi. “Setelah menerima laporan dari warga, kami segera melakukan koordinasi dengan tim Jibom. Sebelumnya, personel juga memberikan tanda garis polisi sehingga warga tidak mendekat dan proses evakuasi berjalan lancar,” ucapnya.

Tim Jibom, sambungnya, melakukan pemeriksaan dan mulai melakukan prosedur evakuasi. Hasil pemeriksaan, dua buah benda tersebut diduga Handak, satu jenis proyektil dengan ukuran panjang 29,5 sentimeter dan diameter 9,5 sentimeter, satu benda lainnya jenis ranjau darat dengan ukuran diameter 18,5 sentimeter dan tinggi 7 sentimeter.

Setelah evakuasi, tim Jibom melakukan penjinakan terhadap penemuan Handak dan sementara diamankan di Polsek Plosoklaten. “Untuk sementara, Handak tersebut diamankan dengan cara ditanam di pekarangan samping Polsek dan menunggu Tim Gegana dari Sat Brimob Polda Jatim,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Della Cahaya