Cabdindik Tunggu Juknis Pelaksanaan UNBK

Kediri, koranmemo.com – Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) wilayah Kota dan Kabupaten Kediri masih menunggu petunjuk resmi (juknis) mengenai pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pasalnya, sementara ini hanya mendapat informasi jadwal UNBK melalui Surat Edaran (SE) Nomor 0110/SDAR/BSNP/IX/2019, tertanggal 24 September 2019 dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Kepala Cabdindik Provinsi Jatim wilayah Kota dan Kabupaten Kediri, Sumiarso menjelaskan, untuk tata aturan pelaksanaan UNBK masih belum terbit. Untuk sekolah juga sudah melakukan persiapan setelah menerima informasi jadwal UNBK seperti memberikan materi tambahan untuk siswa.

Namun, untuk persiapan lainnya masih belum dilakukan, karena perwakilan dari Cabdindik Provinsi Jatim wilayah Kota dan Kabupaten Kediri masih mengikuti rapat tentang evaluasi pelaksanaan UNBK tahun 2018/2019.

“Ini Kasi SMA dan SMK masih di Surabaya mengikuti rapat evaluasi UNBK tahun lalu. Jadi, setelah rapat itu bisa ada gambaran apa saja yang harus dibenahi dan dipersiapkan,” jelasnya, Kamis (10/10).

Untuk tata cara pelaksanaan, terdapat dalam prosedur operasional standar (POS) ujian nasional (UN), dan saat ini masih belum ada. Sedangkan mata pelajaran (mapel) yang diujikan pada UNBK 2019/2020 mendatang memang tidak jauh berbeda dengan UNBK 2018/2019, baik untuk siswa SMA maupun untuk siswa SMK.

Selama menunggu POS UN 2019/2020 mendatang, Cabdindik mulai mempersiapkan jadwal proses pelaksanaan UNBK. Misalnya melakukan sosialisasi pendataan calon peserta, pendataan calon peserta, verifikasi kesiapan UNBK di setiap sekolah, dan simulasi UNBK tahap pertama.

Selain itu, meskipun bukan pertama kali UNBK dilakukan, namun persiapannya yang perlu dilakukan. Bisa saja dalam praktiknya, ditemui permasalahan seperti peralatan, akses internet, maupun kendala teknis lainnya.

“Belum lagi suasana UNBK itu berbeda dengan ujian lainnya, jadi tidak hanya persiapan teknis tapi bagaimana mempersiapkan siswa itu juga perlu diperhatikan,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date