Bus AKAS Terbakar di Jalan Tol Surabaya-Porong, Begini Nasib 11 Penumpang

Share this :

Sidoarjo, koranmemo.com – Sebuah Bus AKAS jurusan Surabaya- Probolinggo Nopol N 7046 US terbakar di jalan tol Surabaya-Porong. Tepatnya 100 meter didepan pintu masuk tol jalur Sidoarjo-Porong, Minggu (21/07/2019) siang.

Kebakaran diduga akibat korsleting atau hubungan arus pendek kabel AC (Air Conditioner) Bus. Saat terbakar, Bus tersebut membawa 11 orang penumpang.Api berhasil dipadamkan usai dua mobil pemadam kebakaran (Damkar) diturunkan ke lokasi. Namun kondisi bus hangus terbakar dan hanya tersisa kerangkanya saja.

Sopir bus, Suprapto Raharjo, (64) yang beralamat di jalan Serma Abdul Rahman 10, Kec. Mayangan, Probolinggo mengatakan, melihat asap keluar dari belakang kendaraan.

“Setelah melewati gate tol, ada asap di atas bagian belakang bus. Kernet melihat itu kemudian memberitahukan ke saya,” ungkap Sopir bus tersebut di lokasi kejadian.

Selang kemudian, semua penumpang diintruksikan untuk keluar dari dalam bus. Bus kemudian dipinggirkan, dan semua turun dari depan. Selain 11 penumpang, ada 3 kru bus saat Bus tersebut terbakar.

Sejurus kemudian, sopir dan kru bus meminta pertolongan ke petugas tol. Tidak selang lama, petugas PJR Jatim II tiba dilokasi kejadian.

Dua unit mobil pemadam kebakaran juga dikerahkan ke lokasi kejadian. “Pukul 11.45 WIB api sudah padam. Tidak ada korban jiwa,” kata Ipda Nanang Hendra Irawan, petugas PJR Jatim II di lokasi kejadian.

Bangkai bus kemudian diderek, dievakuasi ke pos satelit. Dan petugas pun memintai keterangan beberapa saksi, serta melakukan oleh TKP untuk memastikan penyebab kebakaran ini.

“Semua penumpang selamat. Begitu api yang membakar bus bisa dikendalikan, bangkai bus sudah dievakuasi ke pool Satelit,” urainya.

Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat konsleting listrik di AC bus antar kota dalam provinsi tersebut. “Tapi untuk pastinya, butuh penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya.

Reporter Yudhi Ardian
Editor Achmad Saichu