Buronan Pencuri Ternak Dibekuk

Share this :

Sembunyi di Rumah Nenek

Tulungagung, koranmemo.com – Pelarian otak pencurian ternak, Rohmad Zainudin alias Kipli (20) warga Dusun Pasir RT 029 / RW 011 Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung berakhir. Dia dibekuk polisi di jalan raya Dusun Pasir, Sabtu (10/12) sekitar pukul 13.00 WIB ketika hendak pulang ke rumah. Sebelumnya, selama 6 hari, Kipli bersembunyi di rumah neneknya di desa yang sama.

Kapolres Tulungagung, AKBP Yong Ferrydjon melalui Kapolsek Rejotangan, AKP Alphogohan mengatakan anggotanya mendapatkan informasi jika Rohmad alias Kipli masih sering berkeliaran di sekitar rumahnya. “Kita mengintai dan menunggu waktu yang tepat untuk menangkapnya,” jelasnya.

Menurut Gohan, ketika polisi mendapat informasi jika tersangka berjalan menuju rumahnya, tanpa membuang-buang waktu, tiga anggota langsung menangkapnya. “Tersangka ditangkap tanpa melakukan perlawanan dan mengakui perbuatannya,” katanya.

Lanjut Gohan, Kipli sudah diamankan di Polsek Rejotangan guna penyidikan lebih lanjut. Dia dijerat pasal 363 ayat 1, 1e, 3e, dan 4e KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

Sementara itu, tersangka Rohmad Zainudin alias Kipli mengatakan dia tidak melarikan diri ke luar desa selama lima hari. Dia hanya berkeliaran dari rumah neneknya dan rumah orang tuanya yang masih dalam satu desa. Dia juga menyadari jika suatu saat pasti akan tertangkap. “Saya hanya berada di rumah atau ngopi di warung, kalau malam tidur di rumah nenek,” terangnya.

Lanjut pria berambut gondrong tersebut, seingatnya sudah enam kali mencuri dengan rincian kambing lima kali dan burung satu kali. Burung hasil curian dijual di pasar burung Desa Beji Kecamatan Boyolangu. Sedangkan kambing dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 550.000 – Rp 1 juta. Kambing tersebut dijual kepada tiga orang. Polisi masih melakukan pengejaran terhadap penadah hewan curian itu. “Uang hasil menjual barang curian untuk membeli rokok, pulsa dan lain sebagainya,”katanya.

Seperti yang diberitakan, Kipli mencuri kambing besama Rama Deni, warga Dusun Ringin Putih RT 02 / RW 01 Desa Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru, Senin (5/12) pukul 02.00 WIB milik Binti Mu’awanah (43) warga RT 03 / RW 02 Desa Tugu Kecamatan Rejotangan. Rama Deni ditangkap massa usai mencuri. Sedangkan Kipli berhasil melarikan diri. Polisi menyita barang bukti berupa satu ekor kambing dan 1 sepeda motor Yamaha Vega. (yop/Jb)