Bupati Trenggalek dan Ponorogo Sepakat Kaji Jalur Alternatif Baru Trenggalek-Ponorogo

Trenggalek, koranmemo.com – Sering putusnya Jalur Trenggalek-Ponorogo akibat tertutup material longsor, membuat Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, dan Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni berpikir keras.

Kedua Bupati di Selatan Barat Daya Provinsi Jawa Timur ini bersepakat mengkaji jalur alternatif baru, yang menghubungkan dua Kabupaten ini. Jalur baru ini menjadi opsi pilihan bagi pengguna jalan bila jalur Trenggalek-Ponorogo putus. Sehingga pengguna jalan tidak terjebak material longsor atau harus memutar terlalu jauh. Dalam waktu dekat ini, akibat bencana longsor di KM 17 Dusun Pring Ombo Desa Nglinggis Kecamatan Tugu, jalan raya Trenggalek-Ponorogo ini lumpuh hingga 43 jam. Waktu itu beberapa kendaraan terjebak longsor.

Ada kendaraan yang menunggu material longsor dievakuasi, serta ada beberapa kendaraan yang mengambila jalur memutar. Padahal jalur ini merupakan salah satu jalur favorit distribusi barang maupun jalur penumpang di Selatan Jawa.

Kedua Bupati ini rencanakan usulkan jalur alternatif baru ini kepada Gubernur Jatim untuk menjadi jalan Provinsi. Saat ini Kepala Dinas PU Kabupaten Trenggalek serta Kepala Dinas PU Ponorogo lakukan koordinasi untuk mengkaji opsi-opsi yang akan diambil untuk jalur alternatif.

 

Editor : Hamzah Abdillah