Bupati Sidoarjo Serahkan Sapi Kurban Seberat 1 Ton

Sidoarjo, koranmemo.com – Bupati Sidoarjo Saiful Ilah bersama Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin dan jajaran Forkopimda Sidoarjo melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung Sidoarjo, Minggu pagi (11/08/2019).

“Idul Adha ini bersejarah bagi kehidupan manusia. Ada dasar keteladanan yang berlaku hingga kini. Yakni, haji dan kurban. Dua hal itu jadi tuntunan menunjukkan kepatuhan kepada Allah,” katanya saat mengisi pidato di momen salat Idul Adha berjemaah di Masjid Agung yang berada di sekitar Alun-alun Sidoarjo itu.

Saiful menyebut, kurban tidak semata-mata menyembelih hewan. Namun, ada nilai sosial di dalamnya. Bupati dua perioade itu juga mengajak seluruh masyarakat Sidoarjo untuk mendoakan Kabupaten Sidoarjo agar selalu kondusif dan tentram. “Untuk yang berangkat haji, semoga mabrur hajinya,” pintanya.

Setelah berkhotbah, Bupati menyerahkan sapi kurban seberat 1 Ton (1000 kilogram) kepada Ketua Takmir Masjid Agung, Nadhim Amir. Sedangkan Cak Nur, sapaan akrab Wabup, menyerahkan sapi kurban seberat 936 kilogram. Sapi itu diserahkan kepada Perwakilan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo.

Dalam penyerahan hewan kurban yang dilaksanakan di sebelah Timur Masjid itu disaksikan Forkopimda dan ratusan warga usai menjalankan salat Idul Adha di Masjid Agung Sidoarjo.

“Penyerahan hewan kurban ini hampir dilaksanakan setiap tahun. Hewan kurban ini disembelih panitia kurban. Kemudian dagingnya dibagikan kepada warga yang kurang mampu,”papar Abah ipul, sapaan akrab Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

Lebih jauh, Abah Ipul menguraikan, jika sapi seberat 1000 kilogram itu merupakan sapi jenis Brahma. Sapi kurban ini lebih berat dibandingkan dengan Idul Adha Tahun 2018 lalu. Saat itu dirinya memberikan hewan kurban untuk masyarakat Sidoarjo dengan jenis yang sama. Namun, saat itu berat sapi sekitar 975 kilogram.

Sementara itu, Cak Nur di momen Hari Raya Kurban ini pihaknya telah menyerahkan sapi kurban seberat 936 kilogram. Sapi berjenis Brahma itu lebih berat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Yakni beratnya sekitar 900 kilogram.

Saiful Ilah berharap Sidoarjo senantiasa diberi keberkahan dan kemudahan menjalankan program-program pembangunan di tengah berbagai kendala dan keterbatasan.

“Kita semua berdoa dan berusaha agar semua elemen di Sidoarjo bisa semakin sinergis menghadapi banyak tantangan yang ada agar program-program pembangunan bisa berjalan lancar dan dinikmati masyarakat,” tuturnya.
Reporter Yudhi Ardian

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date