Bupati Nganjuk Menerima Penghargaan untuk Kelurahan Mangundikaran, Juara II Nasional Lomba Desa Pangan Aman

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Bupati Nganjuk menerima penghargaan dan hadiah dari Kepala Balai Besar POM Surabaya atas keberhasilan Kelurahan Mangundikaran, dalam Lomba Desa Pangan Aman sebagai Juara II Nasional. Penyerahaan penghargaan dan hadiah dilakukan di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Senin (16/11).

Lomba Desa Pangan Aman Nasional yang diselenggarakan oleh Badan POM ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai tingkat perseorangan.

Kepala Balai Besar POM Surabaya, I Made Bagus Gerametta, Apt. menjelaskan, Kelurahan Mangundikaran menjadi juara karena telah memenuhi beberapa kriteria yaitu, lurah dan perangkatnya memiliki komitmen yang tinggi untuk mengawal pelaksanaan program dan juga kader yang membantu pelaksanaan program.

“Pada prinsipnya program ini adalah program yang berbasis kepada komunitas, sosial, dan usaha perangkat desa dan masyarakat menjadi faktor penggerak dan kunci dalam keberhasilan program ini,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga mengucapkan terimakasih kepada bupati, karena tanpa dukungan pemerintah daerah, Kelurahan Mangundikaran tidak mungkin bisa jadi juara. Diqa berharap Nganjuk bisa mewakili Jatim menjadi Juara I Nasional di perlombaan berikutnya.

Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidayat dalam sambutannya berpesan, agar apa yang telah dilakukan Kelurahan Mangundikaran dalam rangka memberikan rasa aman pada masyarakat dalam hal pangan dapat berkelanjutan.

“Saya harap ini tidak berhenti, mentang-mentang sudah dapat juara, namun kebiasaan dalam memastikan pangan aman untuk masyarakat bisa berkelanjutan, serta Mangundikaran bisa jadi acuan daerah-daerah lain untuk melakukan hal yang sama,” tutur bupati yang akrab disapa Mas Novi ini.

Bupati menjelaskan alasan mengapa ketersediaan pangan aman sangat penting, karena hal ini menunjang cita-cita beliau dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas.

“Saat ini era semakin maju, dalam perang saat ini sudah bukan pedang-pedangan atau tembak-tembakan, namun dengan menghancurkan kualitas SDM-nya, bisa melalui pangan, karena banyak juga makanan dari luar yang mengandung obat-obatan dan merusak generasi muda kita,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut, Kepala Balai Besar POM Surabaya menyerahkan penghargaan dari Kepala Badan POM, Penny Kusumastuti Lukito, MCP, pada Bupati Nganjuk. Tak hanya piagam penghargaan, namun juga diberikan berbagai hadiah.

Hadir pula Ketua TP PKK Yuni Sophia, Ketua DPRD Nganjuk, Sekretaris Daerah, Pimpinan Bank Jatim, Kepala OPD Terkait, Camat Nganjuk, Kepala Puskesmas Nganjuk, Kepala Kelurahan Mangundikaran serta Tim Pangan Aman Kelurahan Mangundikaran.(adv/humaspemkab)

Reporter: Inna Dewi Fatimah

Editor: Della Cahaya