Bupati Lantik Sekda dan 57 Pejabat Pemkab Pasuruan

Share this :

Pasuruan, koranmemo.com – Sekda (Sekretaris Daerah) Kabupaten Pasuruan sempat menjadi Teka-teki siapa sosok yang akan menerima jabatan tersebut. Kini telah terjawab, bahwa sosok yang mengisi Jabatan tersebut adalah Anang Saiful Wijaya, yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setda Kabupaten Pasuruan.

Anang Saiful Wijaya yang juga ditunjuk sebagai Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan itu telah dilantik langsung oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti sebagai Sekda Kabupaten Pasuruan, pada Kamis (30/07).

Dalam pelantikan tersebut juga disaksikan oleh Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron, Ketua Tim Penggerak PKK beserta beberapa pengurus lainnya, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari), Ramdhanu Dwiyantoro, Mantan Sekda Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji, Sekda Kota Malang dan para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, kepada Anang Saiful Wijaya, Irsyad Yusuf tak hanya mengucapkan selamat saja, Melainkan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Misbah Zunib yang telah menyelesaikan tugasnya sebagai Pj (penjabat) Sekda Kabupaten Pasuruan dengan sangat baik.

Irsyad mengatakan, peran seorang Sekda sangatlah sentral dalam system pemerintahan daerah, Yakni membantu Kepala Daerah dalam proses konsolidasi melalui berbagai program. Baik program jangka pendek, menengah maupun jangka panjang yang sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Pasuruan.

“Saya harapkan Sekda yang baru untuk melakukan upaya perubahan mendasar dan tepat sasaran dalam mewujudkan sebuah pemerintahan yang baik di Lingkungan Pemkab Pasuruan,” terang Irsyad.

Irsyad juga meminta kepada Sekda yang baru saja dilantik agar berhati-hati dan Konsisten dalam menegakkan aturan yang sesuai dengan Perundang-Undangan.

“Mestinya saya tak mengucapkan selamat, tapi harusnya mengucapkan Inna Lillahi, karena mengandung konsekuensi seperti yang terkandung dalam jabatan yang diberikan. Ini adalah tanggung jawab besar sebagai ASN tertinggi di pemerintahan daerah. Selamat bekerja. Hati-hati, hati-hati dan hati-hati,” tambah Irsyad.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Bupati Pasuruan juga melantik beberapa pejabat, yang diantaranya 2 orang pejabat tinggi pratama, 14 pejabat administrator dan 41 pejabat pengawas di Lingkungan Pemkab Pasuruan.

Namun, Pelantikan Sekda maupun pejabat lainnya tersebut dilaksanakan di dua tempat, yakni Pendopo Kabupaten Pasuruan untuk Sekda dan pejabat tinggi pratama. Sedangkan pejabat administrator dan pengawas dilantik di Gedung Serbaguna Pemkab Pasuruan.

Reporter Lalang Safurdiantoni
Editor Achmad Saichu