Bupati Kediri Terima Penghargaan Anugerah Wisata Jatim 2018, Gunung Kelud Nominator Terbaik ke II

Kediri, koranmemo.com – Wisata Gunung Kelud salah satu wisata alam terbaik yang ada di Kabupaten Kediri. Bahkan tempat wisata yang memiliki keindahan alam ini mampu masuk menjadi nominator pada Anugerah Wisata Jawa Timur 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di Mercure Grand Marisa Hotel Surabaya ini menempatkan Wisata Gunung Kelud mendapatkan terbaik ke II dalam kategori Daya Tarik Wisata Alam Anugerah Wisata Jawa Timur 2018. Bupati Kediri dr. Hj Haryanti Sutrisno menghadiri dan menerima penghargaan tersebut.

Wisata Gunung Kelud mampu mengungguli destinasi wisata di daerah lain di Jawa Timur seperti Pantai Ngliyep Kab. Malang, Watu Rumpuk Kab. Madiun, Api Tak Kunjung Padam Kab. Pamekasan, dan Pantai Cemara Kab. Banyuwangi. Sementara untuk yang terbaik adalah Air Terjun Tumpak Sewu Kabupaten Lumajang.

Di acara Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 kali ini terdapat 3 kategori yaitu Daya Tarik Wisata Alam, Daya Tarik Wisata Budaya dan Daya Tarik Wisata Buatan. Penghargaan diberikan untuk kabupaten/kota di Jawa Timur yang berkomitmen dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Jumadi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur mengatakan bagi kabupaten/kota yang telah menerima penghargaan Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 agar bisa mempertahankan prestasinya. Lebih bagus lagi dan layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan dengan aman.

“Saya berpesan kepada kepala daerah se-Jawa Timur agar rencana tata ruang wilayahnya semakin jelas, karena ini salah satu bentuk pertanggungjawaban agar investasi kita bisa masuk, salah satunya mendukung sektor pariwisata. Saat ini di Jawa Timur belum memiliki wisata kuliner yang menjadi ciri khas daerah,” jelasnya.

Jumadi berharap kedepannya daerah-daerah akan muncul wisata kuliner yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung.Selain itu yang harus diperhatikan adalah kebersihan di area wisata. Dengan kebersihan akan mempercantik tempat wisata tersebut dan wisatawan menjadi betah dan tidak boleh dicemari ulah tangan kotor,” katanya.

Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno mengatakan sejak meletus tahun 2014 silam, Wisata Gunung Kelud mulai berbenah. Setiap libur akhir pekan atau libur nasional banyak sekali wisatawan yang datang. Mereka datang dari berbagai daerah hanya untuk menikmati pemandangan alam eksotis Gunung Kelud.

“Selain pemandangan Gunung Kelud didukung pula dengan wisata buatan seperti taman Agro Margomulyo, wisata Jeep Offroad, wisata berkuda dan masih bayak lagi. Selain itu wisatawan yang datang dapat membawa pulang oleh-oleh khas yaitu nanas Kelud,” katanya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri juga sering menggelar event besar seperti Festival Kelud yang didalamnya terdapat rangkaian acara seperti KVRR, Gelar Pameran UMKM, Kenduri Nanas, Lomba Layang-Layang dan masih banyak lagi. Tujuannya adalah sebagai ajang promosi agar Wisata Gunung Kelud lebih dikenal oleh masyarakat se-Indonesia bahkan mancanegara. (adv )

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date