Bupati Kediri Tegaskan Tebarkan Kedamaian dalam Peringatan HAB

Share this :

Kediri,Koranmemo.com – Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno  menjadi Inspektur upacara dalam peingatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 72), di lapangan Canda Birawa Pare, Rabu  (03/1).

Dalam sambutanya membacakan amanat Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, hari ini merupakan hari paling membanggakan bagi keluarga besar Kementerian Agama. Pada 3 Januari 1946, Kementerian Agama resmi berdiri sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan.

Dikatakan, pada hari itu pula Indonesia mengukuhkan sebagai negara yang pertama kali memiliki kementerian di bidang agama Kementerian Agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam negara kesatuan Republik Indonesia.

” Pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan kita. Kementerian Agama bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu Pancasila yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri bangsa Indonesia,” katanya.

Lanjut Bupati Kediri, Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama tahun 2018 mengambil tema: “Tebarkan Kedamaian”, dipilih  pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan. Kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. Kedamaian merupakan pintu maslahat bersama dan, hanya dengan hati yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih sayang Tuhan yang hakiki.

“Karena itu saya mengajak seluruh ASN Kementerian Agama dan semua komponen umat beragama di tanah air agar bersama-sama menjadi duta penebar kedamaian. Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menenteramkan. Dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera. Saya berpesan kepada seluruh jajaran Kementerian Agama, marilah memaknai bekerja sebagai ibadah, bekerja melayani masyarakat adalah sebuah kehormatan. Mari menjalankan pengabdian dengan sikap amanah dan keikhlasan, dan jangan sekali-kali mempermainkan jabatan,; tegasnya.

Pada Upacara tersebut juga diberikan penyematan lencana penghormatan pengabdian Aparatur Sipil Negara oleh Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri H. Suryat. Terdapat 9 ASN dari Kementerian Agama Kbupaten Kediri yang menerima lencana tersebut. Pada akhir acara ditampilkan pula atraksi untuk gelar marchingband gita nuansa dari MAN 3 Kediri.

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date