Bupati Kediri Serahkan Alat Mesin Pertanian Untuk UPJA Tlanak Tani Mulyo Desa Ngampel Papar

Kediri, koranmemo.com – Bupati Kediri dr hj Haryanti Sutrisno menyerahkan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA)Tlanak Sejati Mulyo Desa Ngampel Kecamatan Papar, Kamis (21/2). Kehadiran Bupati bersama Dr Sumarjo Gatot Irianto Direktur Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Prof. Dr Rizal Jalil anggota IV BPK RI, Andi Nur Alamsyah Direktur Alat Mesin Pertanian Direktur Jendral Sarana dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian. Serta Eva Kusuma Sundari angota komisi XI DPR-RI.

Sementara tamu undangan lainnya yang hadir dalam acara tersebut adalah Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD),Kepala Dinas, Kabag,Camat dan sejumlah tamu undangan.

Bupati Haryanti mengatakan penyerahan alsintan berjumlah 7 hand traktor dan 7 pompa air untuk UPJA. Adanya bantuan dari Kementerian Pertanian ini untuk mendukung program strategis dalam rangka pemenuhan produksi pertanian seiring dengan peningkatan jumlah penduduk.

“ Kabupaten Kediri dengan luas lahan 45.415 hektare, jumlah gabungan kelompok tani (gapoktan) 1540 dan sudah ada sejak tahun 2014 telah menerima bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian sebanyak 769 unit. Dengan rincian 6 corn plenter,54 Cultivator, 207 pompa air,417 handtraktor. 11 Traktor R 4 dan 74 Transpenter,” jelasnya.

Ditambahkan Bupati, secara umum untuk bantuan petani di Kabupaten Kediri berupa alsintan sudah mencapai 50 persen. Dengan harapan para petani dengan peralatan pertanian bisa berkuntribusi ke Kabupaten Kediri untuk hasil terbaik produksi lokal atau nasional. Yang utama tetap menjaga kualitas hasil pertanian dan peningkatan yang berkelanjutan dan ada pertumbuhan hasil tani setiap tahunya.(adv pemkab kediri)

Repoter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date