Bupati Kediri Pimpin Upacara Hari Santri

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Bertempat di halaman belakang Pemkab Kediri, Senin (22/10) pagi Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno dan komandan upacara oleh Ahmad Rizky Guru MI Muhamadiyah Pagu.Kegiatan ini dihadiri kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD),Camat,Tokoh agama dan Ulama Kabupaten Kediri.

Adapun tema hari santri tahun 2018 adalah “Bersama Santri Damailah Negeri Ini”. Dalam Upacara Hari Santri Nasional bupati membacakan amanat Menteri Agama RI dan mengajak para santri dan masyarakat memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa. Disisi lainya untuk mengajak masyarakat semakin maju, berkemakmuran dan semakin kuat dalam menggalang kebersamaan demi kemajuan NKRI.

Peran santri sangat besar dalam perjuangan Republik Indonesia dalam masa penjajahan melawan belanda. Karenanya semangat membangun negeri harus dikedepankan demi terciptanya Indonesia yang damai dan semakin maju dengan peningkatan nilai Ukhuwah Islamiyah dan saling menguatkan.

“Kalangan pesantren utamanya ulama dan Kyai sangat besar peranya dalam kehidupan bangsa Indonesia. Revolusi jihat yang dkumandangkan di tahun 1945 terbukti seruan ampuh untuk memerangi penjajah dan mengusir dari tanah Indonesia hingga santri dan pemuda Surabaya berhasil mengusir penjajah dan dikenal dengan hari Pahlawan,” jelasnya.

Sementara KH Mohamad Maksum Ketua PCNU Kabupaten Kediri mengajak kepada para Santri untuk menguatkan rasa solidaritas dan kepedulian terhadap sesama. Semangat membangun negeri harus diutamakan dan sama-sama berjuang membangun NKRI untuk memerangi kemiskinan.

Di tempat yang sama, Bupati Kediri memberikan hadiah kepada 24 anak-anak hingga remaja yang meraih juara dalam berbagai lomba Islami menyambut Hari Santri Nasional. Lomba digelar di Masjid An-nur Pare Minggu (21/10) pagi. Bupati berharap hadiah untuk tahun depan bisa meningkat 3 kali lipat.(adv)

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu