Bupati Kediri Dorong Produk UMKM Semakin Berkembang

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Bersamaan dengan digelarnya Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) 2019 di Desa Kedungmalang Kecamatan Papar Selasa siang. Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno berkesempatan meninjau masing-masing stand pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Kediri.

Ada 60 stand UMKM dengan peserta lebih dari 100 orang pelaku usaha UMKM Kabupaten Kediri. Produk UMKM ini secara umum di Kabupaten Kediri sudah berkembang dengan baik dengan adanya pembinaan yang berkelanjutan dari Pemkab Kediri utamanya oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kediri (Kopismik).

Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno mendorong pelaku usaha UMKM Kabupaten Kediri harus meningkatkan produk yang berkualitas, berdaya saing dan capaian peningkatan penjualan naik setiap tahunya. Karenanya perlu terus berkreasi agar pola kemasan hingga pemasaran produk bisa lebih berkembang.

“Kami harapkan produktivitas, kreasi dan inovasi dari pelaku usaha UMKM di Kabupaten Kediri meningkat. Untuk melengkapi masa izin dan pantauan kesehatan juga harus diutamakan dan jangan sampai lalai.Ingat..bahwa produk UMKM di Kabupatemn Kediri semakin dikenal karena sering pameran, dikenalkan melalui medsos dan media,” jelasnya.

Sementara Munfarid Kepala Kopismik Kabupaten Kediri menjelaskan, selama ini pelaku usaha UMKM secara periodik mendapatkan pelatihan, pembinaan dan pengarahan dari Kopismik. Seperti manajemen pemasaran, pola izin PIRT, kesehatan, kemasan hingga cara peningkatan produksi.

“ Peningkatan kualitas produk pelaku usaha UMKM menjadi agenda utama kami. Karenanya kami harus berusaha ekstra keras bersinergi dengan dinas lainnya untuk memajukan pelaku usaha UMKM Kabupaten Kediri lebih maksimal,” ujarnya.

Gatot Siswanto Ketua UMKM Kelud Mandiri dan pengusaha swalayan Gudange Tahu Takwa (GTT) di Desa Toyoresmi Ngasem mengapresiasi kunjungan pameran UMKM di Kedungmalang Papar. Menurutnya hal ini menjadikan motivasi pelaku usaha UMKM untuk berkembang lebih baik.

“Desa-desa yang sentra produk UMKM perlu mendapatkan perhatian lebih untuk berkembang. Jadi nantinya bisa lebih baik kedepanya dan seirama dengan pembangunan desa di Kabupaten Kediri yang mengembangkan potensi desa,” jelasnya.(adv)

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date